Sukses

Beauty

4 Cara Alami Atasi Siwilen Atau Kulit Kuku Sobek

Mungkin setiap orang pernah mengalami hal ini, namun sayangnya susah menyebut istilah ini dalam Bahasa Indonesia. Kalau dalam Bahasa Jawa disebut siwilen, dalam Bahasa Inggris disebut hangnails. Ini adalah kondisi kuku di mana kulit kering di sisi samping kuku terkelupas atau sobek sehingga menyebabkan rasa sakit dan pedih luar biasa.

Meski tampak sepele, namun siwilen atau terkelupasnya kulit kuku ini sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu aktivitas. Siwilen bisa terjadi tanpa terduga, bisa jadi karena kamu tak sengaja tergores sesuatu atau karena kulitmu kering dan kasar.

Jangan dicabut begitu saja, karena bisa berdarah dan rasa sakit akan semakin terasa. Ini 4 cara alami untuk mengatasinya.

    Minyak Vitamin E

    Ambil minyak vitamin E dan oles pada bagian kulit siwilen, minyak vitamin E bisa melembutkan kulit kasar dan kaku karena terlalu kering. Biarkan hingga minyak menyerap dan kulit yang sobek tidak menyakiti. Oles terus hingga siwilen hilang sendiri.

    Alpukat

    Buah alpukat juga bisa melembabkan kulit dan mengatasi kulit siwilen. Campur dengan minyak kelapa dan oles merata, tutup dengan kain kasa atau kapas. Biarkan semalaman, dan bersihkan esok harinya. Lakukan lagi hingga kulit yang terluka hilang.

    Yogurt

    Yogurt bekerja sebagai pelembab kulit. Yogurt sangat bagus membuat kulit kering jadi tidak kaku sehingga kulit siwilen tidak terasa begitu sakit. Oles sedikit yogurt di bagian siwilen dan cuci setelah beberapa jam kemudian. Lakukan hingga kulit kembali seperti semula.

    Memotong dengan pemotong kuku

    Karena kulit yang sobek kecil dan sulit dipotong dengan gunting, sebaliknya ambil pemotong kuku dan potong bagian yang mencuat hingga ujungnya, namun jangan sampai terasa sakit. Jika ujungnya terasa sakit, potong saja hingga bagian yang tidak sakit.

Itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan jika mengalami siwilen atau kulit kuku terkelupas dan terasa pedih. Mungkin sepele, tapi jika kamu merasakannya, kamu akan tahu betapa pentingnya mengatasi hal ini.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading