Sukses

Beauty

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Tidurmu!

Tidur merupakan sebuah kebutuhan. Kalau ingin tubuh selalu bugar dan nggak gampang jatuh sakit, penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Hanya saja kadang karena kebiasaan dan keteledoran kita sendiri, kita jadi susah mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dilansir dari realsimple.com, ada lima kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari kalau ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain perlu mendapat waktu tidur yang cukup, penting juga untuk memastikan kita tak melakukan kebiasaan-kebiasaan ini sebelum tidur. Let's find out the details here.

    Minum Alkohol

    Menurut penelitian bulan Januari 2015 lalu dari University of Melbourne’s Sleep Research Laboratory, minum minuman beralkohol sebelum tidur bisa membuat kita cepat merasa mengantuk. Tapi akibatnya kualitas tidur kita bisa terganggu dan tidur jadi kurang nyenyak.

    Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

    Penelitian menyebutkan bahwa membaca dari gadget atau alat elektronik yang mengeluarkan cahaya sebelum tidur bisa mengganggu jam sirkadian kita. Akibatnya pun bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan juga bisa membuat kemampuan fokus kita di siang hari menurun. Jadi kalau kamu ingin mendapat tidur yang berkualitas baik hindari menggunakan gadget sebelum tidur. Kalau mau membaca sebelum tidur, bacalah dari buku dan bukan dari gadget.

    Minum Kafein

    Kurang disarankan minum kafein di jam yang berdekatan dengan jadwal tidurmu. Kalau mau minum kopi atau minuman berkafein, minumlah enam jam sebelum tidur.

    Mengecek Media Sosial

    Hayo, kamu hobi mengecek media sosialmu sebelum tidur? Kalau sudah kecanduan mengecek media sosial sebelum tidur, wah kualitas tidurmu bisa menurun. Para peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa orang muda (usia 19-23 tahun) yang menghabiskan sebagian besar waktunya mengecek media sosial punya risiko dua kali lebih besar mengalami gangguan tidur dibandingkan orang yang intensitasnya mengecek media sosial sedikit.

    Ngemil Makanan Kaya Lemak dan Gula

    Kadang memang susah untuk menahan godaan ngemil di malam hari. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak dan kaya gula. Menurut sebuah penelitian tahun 2016 dari American Academy of Sleep Medicine, mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan gula bisa membuat tidur yang terganggu dan tidak nyenyak. Sebagai gantinya, kalau ingin tidur lebih nyenyak, ganti camilanmu dengan makanan sehat yang kaya serat.

So, jangan sampai kualitas tidurmu rusak dan terganggu karena kebiasaan-kebiasaan di atas, ya Ladies. Demi kesehatanmu, kamu perlu lebih peka lagi mengatur pola makan dan gaya hidupmu.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading