Sukses

Beauty

Ini Dia 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut

Memiliki rambut indah tentu menjadi keinginan hampir setiap wanita ya, Ladies? Sayang, sebagian dari kita (mungkin) masih belum paham bagaimana merawat rambut yang benar; mulai dari keramas, menggunakan kondisioner sampai cara menyisir rambut.

Disebutkan dalam laman www.self.com, perawatan rambut yang tidak tepat dilakukan,  justru bisa berakibat rambut menjadi rusak. Nah, berikut adalah  kesalahan paling umum (dan tidak kita sadari) yang paling sering kita lakukan saat melakukan perawatan rambut.

 

  • Menyisir Rambut dari Akar. Menyisir rambut dari atas (akar) ke bawah dapat menyebabkan kerontokan rambut, karena sikat rambut dapat menarik rambut sehingga lebih mudah rontok. Sebaiknya, mulailah menyisir rambut dari bawah untuk merapikan ujung-ujung yang kusut, kemudian sisir bagian tengah rambut.
  • Memakai Kondisioner Sampai Akar dan Kulit Kepala. Adil Abergel, penata rambut dari Los Angeles mengatakan, di dekat akar rambut, terdapat anak rambut yang baru dengan kondisi sehat dan lembab, sehingga tidak perlu diberikan kondisioner untuk dilembabkan. Menggunakan kondisioner sampai ke akar juga dapat menyebabkan rambut lebih mudah rapuh dan menambah kerontokan.
  • Menggosok Rambut Terlalu Kencang Saat Keramas. Rambut lebih rapuh ketika basah, jika kamu terbiasa menggosok-gosok kulit kepala dan rambut terlalu kencang saat membersihkan rambut, hentikan sekarang juga jika tak ingin rambut menjadi pecah-pecah, mudah rapuh dan rusak.
  • Menarik Ikat Rambut. Mengikat rambut saat bad hair merupakan jalan pintas agar penampilan terlihat tetap rapi. Akan tetapi, jika kamu menarik ikat rambut terlalu sering, akibatnya rambut akan lebih mudah patah. Selain itu, terlalu sering mengikat rambut juga dapat mengakibatkan rambut menjadi gampang kusut.
  • Keramas Terlalu Sering. Walaupun kulit kepala sangat berminyak dan mudah berkeringat, jangan mencuci rambut terlalu sering karena justru mengakibatkan rambut lebih lepek dan lemah. Jika rambut lepek karena berminyak atau berkeringat, kamu bisa menggunakan dry shampo. Menurut Garren, seorang penata rambut dari New York, jika kamu tidak bisa menggunakan dry shampo, kamu bisa mencucinya dengan air, karena air dapat membersihkan keringat dan minyak di kepala serta membantu melembabkan rambut.

Nah, itu dia 5 kesalahan dalam melakukan perawatan rambut. Pastikan untuk mengingat hal ini baik-baik agar rambutmu tetap bisa berkilau dengan sehat dan indah ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading