Sukses

Beauty

Keinginan Makan Cokelat (Bisa Jadi) Timbul Karena...

Keinginan makan makanan tertentu, baik itu yang manis atau asin ternyata bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Hasrat makan, merupakan cara tubuh memberitahu bahwa kita kekurangan nutrisi tertentu.

Dengan mengirimkan sinyal-sinyal ini ke otak maka tubuh bisa menjaga keseimbangan mineral, vitamin dan tingkat energi. Pakar nutrisi Shona Wilkinson, dalam laman dailymail.co.uk, menjelaskan "Hasrat makan biasanya mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan mineral dan nutrisi yang spesifik."

Yang menjadi masalah, seringkali hasrat makan yang muncul adalah mengonsumsi makanan olahan pabrik yang kurang sehat. Misalnya cokelat susu atau permen cokelat, yang lebih banyak mengandung gula dan kalori ketimbang nutrisi yang diperlukan.

Ketika kamu tiba-tiba ingin sekali makan cokelat sebenarnya itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang membutuhkan magnesium. Mineral ini bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh dengan mencegah peradangan. Selain itu juga memegang peranan penting menyeimbangkan sistem syaraf pusat dan meredakan rasa gelisah.

"Magnesium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang," tutur Shona.

Cokelat adalah sumber terbaik magnesium, namun tidak semua jenis cokelat. Hanya jenis dark chocolate dengan kandungan bubuk cokelat asli sekitar 70 persen yang memiliki kandungan magnesium ini. Jika hasrat makan cokelat datang dengan tiba-tiba, tentunya akan sulit untuk menemukannya karena dark chocolate memang tidak dijual di banyak tempat.

Hal ini yang akhirnya menyebabkanmu memakan jenis cokelat apa pun yang mudah didapatkan di mini market atau toko kelontong dekat rumah. Daripada menambah asupan kalori dan gula berlebihan, lebih baik mencari sumber magnesium yang lebih sehat.

Asupan magnesium bisa berasal dari sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, sawi hijau atau bok choy. Kamu juga bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari, kacang mede, kacang pinus atau walnut.

Agar kebutuhan magnesium harian tercukupi sehingga kamu pun tak merasa 'harus' makan cokelat, pilihlah menu sehat untuk makan siang atau malam. Salmon dan tuna merupakan makanan yang tinggi magnesium dan bisa diolah dengan cara dikukus atau panggang.

Apabila ingin makanan yang lebih manis sebagai camilan, bisa memilih alternatif yoghurt rendah lemak, pisang dan alpukat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading