Sukses

Beauty

Rambut Indah Berkilau Sampai Tua, Lakukan 4 Kebiasaan Sehat Ini

Menjaga rambut agar selalu indah, sehat dan berkilau tidak cukup dengan perawatan dari luar saja. Serajin apa pun kamu memakai kondisioner dan melakukan spa rambut di salon, jika tidak diimbangi dengan perawatan dari maka rambut akan tetap lebih mudah kusam, kering serta rapuh.

Perawatan dari dalam ini dilakukan bukan dengan jamu-jamuan atau pil suplemen penumbuh rambut. Tapi, dimulai dari gaya hidup sehat. Disebutkan dalam laman dailymail.co.uk, berikut empat kebiasaan sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh tetapi juga untuk menjaga penampilan rambut tetap indah sampai tua.

 

  • Menghindari Diet Ketat. Diet sangat rendah kalori yang menyebabkan berat badan turun drastis bisa memicu kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan pola makan rendah kalori minim asupan lemak esensial, protein serta mineral yang bermanfaat untuk menutrisi rambut. Jika kamu perlu menurunkan berat badan, jalanilah diet sehat yang rendah gula, dan pastikan dalam setiap menu makanan terkandung protein serta lemak sehat setiap hari.
  • Tidak Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula. Gula diperlukan untuk menambah tenaga, tapi tubuh tidak memerlukannya dalam jumlah banyak. Jika dikonsumsi berlebihan, gula justru bisa menjadi komponen 'anti-nutrisi'. Artinya, gula tidak memberikan keuntungan signifikan terhadap kesehatan tubuh tapi justru mengambil nutrisi lain di dalam tubuh untuk memprosesnya. Nutrisi yang terambil ini juga merupakan nutrisi penting untuk menjaga keindahan rambut. Jadi semakin banyak kamu mengonsumsi gula, maka rambut akan semakin mudah rapuh bahkan rusak.
  • Tidak Mengonsumsi Karbohidrat Berlebihan. Karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie dan roti tawar putih atau makanan apapun yang terbuat dari tepung terigu punya efek negatif yang sama dengan gula apabila dikonsumsi berlebihan. Karbohidrat sederhana juga bisa mengambil nutrisi penting bagi tubuh. Ketika masuk ke dalam tubuh, karbohidrat ini akan cepat terserap dan diubah menjadi gula di dalam darah. Jadi gantilah nasi putih dengan nasi merah, mie ayam dengan pasta gandum dan roti tawar dengan roti gandum utuh.
  • Memperbanyak Asupan Protein. Keratin merupakan salah satu jenis protein yang berperan mempertahankan kekuatan dan struktur rambut. Tubuh memproduksi keratin dengan cara mengolah protein yang kita konsumsi. Jadi agar rambut selalu sehat dan indah, pastikan kamu mengonsumsi makanan berprotein tinggi dari daging merah, ikan-ikanan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian atau produk olahan susu.

Nah, itulah 4 kebiasaan hidup sehat yang bisa menjaga rambutmu tetap indah berkilau sampai tua. So, siap untuk melakukan kebiasaan baik ini mulai sekarang? Semoga bermanfaat.

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading