Sukses

Beauty

Sudah Tahu? Ini Olahraga yang Cocok Buat Kamu yang Berusia 20an

Olahraga rutin, apapun jenisnya memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi kalau ingin mendapatkan manfaat besar dari olahraga yang dilakukan kita perlu lebih selektif lagi memilih olahraga yang cocok. Salah satunya adalah dengan menyesuaikannya dengan usia kita.

Nah, buat kamu yang berusia 20an, ada jenis olahraga yang paling cocok buat kamu. Dilansir dari huffingtonpost.com, ada dua jenis olahraga yang paling cocok buat kamu yang berusia 20an. Pertama, olahraga lari. Kedua, olahraga yoga. Selengkapnya, yuk simak infonya di bawah ini.

Olahraga Lari untuk Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Kondisi kesehatan kardiovaskulermu saat ini bisa memprediksi seberapa sehat kamu di masa yang akan datang. Dalam sebuah studi di JAMA Internal Medicine, orang-orang berusia 20an menjalani uji treadmill dan peneliti secara bertahap mempercepat dan memperlambat lajunya lalu mencatat berapa lama mereka bisa bertahan. Para peneliti kemudian mengecek lagi kondisi para partisipan beberapa tahun kemudian.

Peneliti lalu menemukan bahwa mereka yang di usia 20an-nya dulu bisa bertahan di treadmill minimal 10 menit risiko mengalami kematian dini 50 persen lebih kecil juga punya risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskuler dibandingkan mereka yang hanya bisa bertahan 6 menit saat menjalani uji treadmill. Jadi olahraga lari memang sangat baik juga disarankan untuk dilakukan saat kamu berusia 20an.

Para peneliti kemudian merekomendasikan untuk melakukan 30 menit olahraga kardio ringan (seperti jalan cepat) 5 kali seminggu. Atau bisa juga olahraga kardio yang cukup berat selama 20 menit 3 kali seminggu.

Yoga untuk Meredakan Stres
Di usia 20an biasanya kita sudah akan dihadapkan pada dunia kerja dengan tingkat stres yang cukup tinggi. Rutinitas pun makin padat dan jadwal makin ketat. Sehingga kita jadi gampang tertekan dan sulit untuk bisa rileks.

Kalau stres sudah sangat parah, maka kita bisa mengalami sejumlah gangguan kesehatan seperti depresi, menurunnya sistem kekebalan tubuh, hingga masalah pencernaan. Dan salah satu cara efektif untuk meredakan stres atau mengurangi stres adalah dengan yoga. Penelitian menyebutkan bahwa yoga bisa bantu meredakan stres yang dialami tubuh dan juga bisa bantu menjaga kadar kortisol juga tekanan darah.

Jay Gupta, cofounder YogaCaps mengatakan kalau melakukan yoga ringan setiap hari itu sudah cukup ideal. Tapi kalau tak ingin merasa berat atau terbebani, bisa coba melakukan yoga 2 kali seminggu dulu.

Kalau kamu ingin tubuhmu tetap sehat dan bugar di masa tua, penting untuk lebih rutin olahraga dari sekarang. Olahraga lari dan yoga memang yang paling disarankan tapi tak menutup kemungkinan jenis olahraga lain juga baik untuk kesehatan tubuhmu.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading