Sukses

Beauty

4 Penyebab Umum dari Sakit Gigi Namun Jarang Disadari

Sakit gigi merupakan salah satu sakit yang begitu menyiksa. Terlebih lagi, jika sakit ini dibarengi dengan pembengkakan di gusi atau daerah sekitar gigi. Ketika sudah mengalami sakit gigi, tidak jarang kita hanya bisa berbaring di tempat tidur dan enggan melakukan aktivitas apapun. Jangankan beraktivitas, mendengar suara berisik saja sudah membuat rasa sakit di gigi terasa semakin parah dan menyiksa.

Kalau ngomongin soal sakit gigi, sebenarnya ada banyak penyebab kenapa gigi bisa sakit. Dikutip dari laman prevention.com, sakit gigi paling umum terjadi karena adanya gigi berlubang atau infeksi akibat kurang terjaganya kebersihan gigi. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa penyebab lain kenapa gigi bisa sakit. Beberapa penyebab tersebut sebenarnya sangat sering kita rasakan dan umum terjadi. Hanya saja, kita jarang menyadarinya. Dan inilah beberapa penyebab tersebut.

    Gosok Gigi Terlalu Keras

    Agar gigi cepat bersih, kita sering kali menggosok gigi dengan keras. Namun, asal kita tahu. Menggosok gigi dengan sangat keras ternyata bisa membuat gigi menjadi sakit dan bermasalah. Ira Handschuh, seorang dokter gigi di Dental Design Center di White Plains mengatakan bahwa menggosok gigi terlalu keras bisa menimbulkan luka di gigi atau gusi. Luka inilah yang nantinya kerap kali membuat gigi sangat sakit. Agar gigi tidak sakit, usahakan agar menggosok gigi dengan pelan namun pastikan bahwa gigi bersih ya. Pilih juga sikat gigi yang lembut namun bisa membuat gigi selalu bersih dan terjaga.

    Adanya Infeksi Sinus yang Parah

    Penyebab kedua kenapa gigi bisa sakit adalah adanya infeksi sinus yang parah. Ira Handschuh mengungkapkan bahwa infeksi sinus bisa menyebabkan sakit gigi. Hal ini terjadi karena saluran sinus dan akar gigi tertentu akan bertemu atau berada di titik yang sama.

    Kebiasaan Mengunyah Saat Tidur

    Pada beberapa kasus, sakit gigi disebabkan karena kebiasaan buruk mengunyah saat tidur. Ya, beberapa orang mungkin punya kebiasaan menggigit atau mengunyah giginya sendiri selama tidur. Gesekan antara satu gigi dengan gigi yang lain karena kebiasaan ini dipercaya bisa membuat gigi mudah retak, rentan patah dan sakit. Tak hanya sakit gigi, kebiasaan ini sering kali juga menyebabkan kram otot rahang dan sakit di leher atau bawah rahang.

    Gigi Berlubang atau Retak

    Penyebab selanjutnya adalah karena adanya gigi berlubang atau retak. Sebagian besar orang yang sering mengalami sakit gigi adalah mereka yang punya gigi berlubang atau retak. Gigi berlubang atau retak sendiri bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk kurangnya menjaga kebersihan gigi, jarang gosok gigi, suka makanan manis dan makanan yang terlalu panas atau dingin.


Itulah beberapa penyebab dari sakit gigi yang umum terjadi namun jarang disadari. Selain penyebab di atas, penyebab lain dari sakit gigi adalah adanya infeksi gusi, infeksi gigi, penggunaan kawat gigi, kamu baru saja mencabut gigi atau menambal gigi dan karena gigi kamu memang sensitif. Agar terhindar dari sakit gigi, pastikan untuk gosok gigi secara teratur dan hindari makanan-makanan yang memicu kerusakan gigi ya? Usahakan agar selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading