Sukses

Beauty

10 Obat Ketombe Alami yang Mudah Didapatkan

Salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan selain wajah dan tubuh adalah rambut. Bagian yang juga dikenal sebagai mahkota rambut tersebut ternyata dapat mempengaruhi penampilan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya, terutama dari masalah penyebab ketombe muncul di rambut.

Penyebab ketombe sendiri bisa berasal dari salah dalam penggunaan produk, kulit kepala kering hingga stres. Namun, tidak perlu khawatir, ketombe membandel dapat diatasi dengan menggunakan obat ketombe alami. Berikut kesepuluh bahan alami yang dapat mengatasi ketombe dengan ampuh.

Minyak Zaitun

Bahan yang satu ini ternyata memiliki beragam khasiat, salah satunya adalah mengatasi ketombe membandel. Tidak heran karena minyak zaitun dikenal sebagai moisturizer alami yang dapat melembapkan kulit kepala secara optimal. Sehingga tidak ada lagi serpihan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe.

Baca juga: Minyak Zaitun Untuk Atasi Rambut Berketombe

Air Perasan Lemon

Kandungan asam yang tinggi pada air lemon tidak hanya menjadikan tubuhmu lebih kuat saja. Air perasan lemon juga dipercaya untuk menghilangkan ketombe secara alami. Tidak heran karena keasamannya mampu mengembalikan tingkatan pH pada kulit kepala ke angka normal. Sehingga tidak ada lagi ketombe membandel yang akan menempel.

Kuning Telur

Selain nikmat untuk disantap, bagian berwarna kuning dalam telur juga dapat mengatasi ketombe secara alami. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan protein yang menutrisi kulit kepala secara optimal. Sehingga sel kulit tetap sehat dan terhindar dari kekeringan yang mampu menyebabkan ketombe.

Baca juga: 3 Tips Memanfaatkan Telur Untuk Mengusir Ketombe Dalam Semalam

Tea Tree Oil

Bagi yang sering berhadapan dengan masalah jerawat pasti sudah tidak asing lagi dengan tea tree oil. Kandungan anti-bakteri di dalamnya ampuh dalam mengusir penyebab jerawat. Zat tersebut juga dapat digunakan untuk mencegah ketombe muncul. Sehingga kulit kepala akan tetap bersih dan sehat.

Cuka Apel

Salah satu bahan yang sudah dikenal memiliki banyak khasiat adalah cuka apel. Apple cider vinegar sendiri juga kerap digunakan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Terutama dalam mengatasi masalah ketombe. Hal tersebut dikarenakan tingkat keasaman dari cuka apel yang mampu mengubah pH kulit kepala. Sehingga scalp akan lebih segar dan bersih karena tidak ada ketombe menempel.

Minyak Kelapa
Memulaskan minyak kelapa pada kulit kepala secara rutin ternyata dapat mengusir ketombe. Selain mengandung moisturizer, bahan tersebut juga dilengkapi dengan zat anti-bakteri yang ampuh dalam menjaga kesehatan rambut. Terutama penyebab ketombe, sehingga kulit kepala akan terasa lebih segar. Tidak hanya itu, rambut juga akan tumbuh lebih lebat dan tebal.

Garam

Cara mengatasi ketombe secara alami juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan dapur. Untuk menghilangkan ketombe¸ cukup dengan menggosokkannya secara lembut pada scalp. Teksturnya yang sedikit kasar ampuh dalam meluruhkan serpihan ketombe. Selain itu, zat anti-bakteri yang terkandung di dalamnya ampu menjaga kehigienisan kulit kepala.

Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki gerigi di bagian sampingnya ini tidak hanya bisa diolah menjadi penganan segar. Kandungan pectin dan polysaccharides di dalamnya ampuh dalam menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Selain itu, gel-nya yang dingin juga melembpakan kulit kepala sehingga tidak ada lagi masalah ketombe.

Bawang Putih

Selain menambah rasa gurih pada masakan, bawang putih yang mengandung anti-bakteri ini juga ampuh dalam mengatasi ketombe. Apalagi bagi yang sering menutup kepala, bawang putih adalah pilihan tepat yang dapat mengusir ketombe secara tuntas.  Sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

Kulit Jeruk

Buah jeruk memang dapat menyegarkan tubuh. Namun, siapa sangka jika kulit jeruk yang biasanya dibuang justru ampuh dalam mengatasi ketombe secara alami. Hal tersebut dikarenakan adanya zat anti-peradangan yang ampuh dalam mengatasi kulit kepala kering. Tentu saja bahan tersebut dapat menghilangkan masalah ketombe yang disebabkan oleh kotoran atau debu.

Baca juga: Jeruk Nipis Bantu Cegah Ketombe

Menggunakan shampo khusus ketombe saja tidak akan cukup untuk menghilangkan ketombe secara menyeluruh. Untuk mengatasi ketombe dengan tuntas, tidak ada salahnya untuk menunjangnya dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami seperti di atas. Sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan segar kembali.

(vem/kki/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading