Sukses

Beauty

10 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya juga bukan semata-mata karena rambut kurang bersih, melainkan kutu rambut bisa menular dan berkembang biak secara cepat di kepala. Meski sudah ada obat kutu rambut, tetapi jika tertarik menghilangkan kutu di rambut secara alami, bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cuka Apel

©shutterstock

Cuka apel mengandung pH asam tinggi, sehingga dapat membasmi kutu rambut. Tinggal gosokkan di kepala, pijat-pijat dan biarkan selama 15 menit. Lakukan sebelum dan sesudah mandi secara rutin agak bisa menghilangkan kutu di rambut secara alami.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Campuran Minyak Esensial

©shutterstock

Campurkan 5 tetes tea tree oil, minyak kayu putih, minyak rosemary dan minyak lavender. Tambahkan ¼ cangkir minyak mustard. Oleskan campuran minyak esensial ini di kulit kepala, biarkan semalam. Campuran minyak esensial ini dapat membasmi kutu rambut secara alami.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mayones

©shutterstock

Kandungan probiotik dalam mayones dapat berperan sebagai cara alami menghilangkan kutu rambut. Oleskan pada rambut, tutupi dengan topi mandi dan biarkan semalam. Keramas keesokan paginya dan sisir kutu rambut dan telurnya yang sudah mati.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Putih

©shutterstock

Bawang putih punya sifat antibakteri, karenanya cukup ampuh membasmi kutu pada rambut. Lumatkan bawang putih, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama ½ jam. Cuci bersih menggunakan shampo agar kutu rambut dan bau tajam bawang putih hilang.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Tea Tree Oil

©shutterstock

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, tea tree oil dapat pula dimanfaatkan sebagai cara alami menghilangkan kutu rambut. Kandungan anti-bakterinya dapat mencegah infeksi yang diakibatkan kutu rambut. Oleskan pada rambut, diamkan 30 menit dan bilas.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Lemon

©shutterstock

Selain sumber vitamin C, lemon juga mengandung zat anti-inflamasi. Gunakan perasan lemon atau gosokkan irisan lemon pada kulit kepala. Diamkan selama setengah hingga satu jam. Lakukan secara berkala hingga manfaat alami lemon dapat menghilangkan kutu rambut secara menyeluruh.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Tanaman Lidah Buaya

©shutterstock

Selain dapat membuat rambut lebih berkilau, tanaman lidah buaya juga dapat membasmi kutu rambut. Tanaman ini mengandung bradykinase, zat alami pengurang rasa gatal akibat kutu rambut. Potong bagian tanaman lidah buaya, usapkan pada rambut, diamkan 30 menit, lalu keramas.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak

©shutterstock

Ternyata daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kutu rambut alami. Sifat anti-bakterinya dapat membasmi kutu pada rambut. Lumatkan daun sirsak, gunakan untuk creambath, tutup kepala dengan handuk dan diamkan selama 30 menit.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Bombay

©shutterstock

Manfaatkan getah bawah bombay untuk menghilangkan kutu di rambut. Tanaman umbi ini mengandung zat anti-bakteri. Tinggal oleskan getahnya pada kulit kepala, diamkan 30 menit dan pungkasi dengan keramas.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

©shutterstock

Ada lagi obat kutu rambut yang dapat dibuat secara alami. Siapkan ½ cangkir minyak zaitun dan campuri 20 tetes minyak esensial. Usapkan pada rambut, biarkan semalam. Jangan lupa keramas keesokan paginya agar rambut bersih dari kutu rambut.

Bahan-bahan tersebut relatif mudah ditemukan, sehingga bisa langsung dicoba untuk menghilangkan kutu pada rambut di rumah.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading