Sukses

Beauty

Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi Bantu Tidur Makin Nyenyak

Setiap orang pasti ingin jika dirinya memiliki tidur yang nyenyak. Apalagi, jika ia telah menghabiskan waktu selama seharian untuk bekerja. Sayangnya, karena badan terlalu lelah setelah bekerja dan pikiran yang kurang tenang, beberapa orang memiliki tidur yang kurang berkualitas atau dalam kata lain kurang nyenyak. Dikutip dari laman aol.com, agar kita bisa memiliki tidur yang nyenyak, satu hal yang perlu dilakukan adalah konsumsi makanan berkalsium tinggi.

Para ahli percaya bahwa makanan yang berkalsium tinggi bisa mengontrol durasi tidur atau istirahat yang diperlukan seseorang. Tak hanya membuat tulang makin sehat dan kuat, nutrisi berupa kalsium dikatakan juga mampu membuat otak menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia saat tidur. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di RIKEN Quantitative Biology Center (QBiC) and the University of Tokyo, Jepang menyebutkan jika kalsium berpengaruh besar pada kualitas tidur.

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Penelitian ini menunjukkan bagaimana gelombang tidur yang lambat berkaitan erat dengan aktivitas kalsium di dalam neuron tubuh. Tim peneliti menggunakan beberapa teknik ilmiah. Dari beberapa teknik yang digunakan, peneliti telah mengidentifikasi tujuh gen dalam tubuh yang sangat penting dimana gen ini terlibat langsung dalam aktivitas tidur. Sementara itu, peneliti menemukan bahwa gen ini erat hubungannya dengan kalsium yang ada di dalam tubuh.

Para peneliti menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi tak hanya membantu tulang dan gigi semakin kuat serta sehat. Lebih jauh, kalsium juga bisa membantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak, lebih berkualitas dan lebih santai. Tak hanya membantu membuat tidur makin nyenyak, ketika nutrisi kalsium dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik, hal ini juga akan memungkinkan seseorang memiliki pikiran yang lebih tenang, bahagia dan otak yang lebih fokus.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa orang-orang yang nutrisi kalsiumnya di dalam tubuh kurang, hal ini sering kali membuatnya kesulitan tidur. Mereka juga rentan mengalami insomnia dan mudah terbangun saat tidur. So Ladies, jika kamu ingin tidur nyenyak setiap malamnya, pastikan untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh ya?

Tapi ingat, nggak hanya konsumsi kalsium saja yang bisa bantu tidur makin nyenyak. Kamu juga perlu makan makanan sehat kaya vitamin seperti halnya buah dan sayur, minum air putih cukup, hindari minum obat anti depresi, olahraga cukup dan tidak stres atau depresi.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading