Sukses

Beauty

5 Makanan Ampuh Penurun Kolesterol Jahat Secara Alami

Seperti yang kita tahu, kolesterol yang berlebih dalam tubuh akan menyebabkan tubuh terserang berbagai penyakit berbahaya. Bukan hanya itu saja, kolesterol yang berlebih terutama kolesterol jahat bisa saja menjadi penyebab kematian. Asal kita tahu, penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tak hanya berisiko pada orang-orang yang bertubuh gemuk saja. Orang-orang dengan tubuh kurus pun bisa sangat berisiko terserang kolesterol jahat.

Dikutip dari laman top10homeremedies.com, timbunan kolesterol bisa menjadi pemicu timbulnya serangan jantung. Untuk itulah, sangat disarankan agar kita menjaga asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Kita juga sangat disarankan untuk menghindari berbagai makanan yang mengandung kolesterol jahat dan menggantinya dengan makanan penurun kolesterol. Beberapa makanan penurun kolesterol tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Bawang Putih

    Sejak ribuan tahun yang lalu, bawang putih dipercaya sebagai salah satu makanan yang sangat sehat buat kesehatan. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih bisa mengobati berbagai macam penyakit. Sementara itu, para ahli kesehatan membuktikan bahwa antioksidan dan nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih bisa menurunkan kolesterol, menurunkan darah tinggi hingga mencegah risiko kanker.

    Kacang-Kacangan

    Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin E, magnesium dan phytochemical dimana nutrisi ini sangat erat hubungannya sebagai penurun kolesterol. Para ahli percaya bahwa kandungan lemak tak jenuh pada kacang-kacangan justru lebih baik dan lebih sehat jika dibandingkan dengan kandungan lemak di makanan lainnya terutama makanan hewani.

    Teh

    Studi membuktikan bahwa teh diperkaya dengan kandungan nutrisi berupa vitamin dan antioksidan yang begitu baik buat menurunkan kolesterol. Baik teh hijau, teh hitam atau teh putih, semuanya dipercaya bisa menurunkan kolesterol dengan baik dan menstabilkan kolesterol itu sendiri. Selain menurunkan kolesterol, teh juga dikatakan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang, sistem peredaran darah bekerja dengan baik dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Menariknya, minum teh secara teratur dengan takaran yang pas juga bisa bantu kita dapatkan berat badan ideal.

    Gandum

    Gandum dipercaya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan baik karena ia mengandung serat dan nutrisi lain yang sangat sehat. Tak hanya gandum, makanan yang berserat lain juga dikatakan bisa menurunkan kolesterol dan menstabilkan kolesterol dalam tubuh dengan baik.

    Cokelat

    Sebagai salah satu makanan yang sangat lezat, siapa sih yang nggak kenal sama cokelat? Dipastikan semua orang kenal dengan makanan atau camilan yang satu ini. Selain enak, cokelat rupanya juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam cokelat lah yang dipercaya mampu menurunkan dan menstabilkan kolesterol. Meski begitu, cokelat yang bisa menurunkan kolesterol ini tetap tergantung pada proses pengolahan, tempat cokelat ditanam dan zat lain yang terkandung di dalam cokelat.


Itulah beberapa makanan yang ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol antara lain adalah minyak zaitun, ikan salmon, kacang kedelai, buah jeruk, buah berry dan buah alpukat. Semoga informasi ini bermanfaat ya? jangan lupa untuk terus olahraga dengan teratur, istirahat cukup dan minum air putih cukup setiap harinya.



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengonsumsi Sup Ayam Bantu Cegah Flu, Simak Penjelasannya
Artikel Selanjutnya
Minum Air Madu Hangat, Simak 5 Manfaat Terbaiknya untuk Tubuhmu