Sukses

Beauty

Vitamin C, Vitamin Baik Untuk Kulit yang Cantik

Manfaat vitamin C sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang flu atau pilek sudah tak perlu diragukan lagi. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk  mencerahkan kulit dan banyak dijadikan bahan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Selain kedua manfaat yang telah banyak diketahui tersebut, vitamin C ternyata juga cukup baik melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar ultraviolet.

Perlindungan kulit dari luar seperti memakai tabir surya dengan SPF (perlindungan UVB) dan PA++ (perlindungan UVA) akan lebih efektif jika diimbangi dengan konsumsi vitamin C yang cukup. Selain itu, Vitamin C juga menjadi 'senjata rahasia' untuk menghindari penuaan dini. Bagaimana caranya?

Pakar nutrisi, Jacqueline Newson, menjelaskan bahwa vitamin C mengandung properti antioksidan yang mampu membantu menghalangi serangan radikal bebas yang merusak sel kulit. Radikal bebas umumnya terbentuk dari faktor luar dan kebiasaan buruk seperti merokok, polusi dari lingkungan serta paparan sinar matahari yang berlebihan.

Antioksidan yang terdapat dalam vitamin C juga punya kemampuan meregenerasi jenis antioksidan lain, seperti vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E juga merupakan elemen utama dalam pencegahan penuaan kulit sekaligus untuk menjaga kelembabannya.

Vitamin C juga memiliki kemampuan menyembuhkan yang baik, sebab antioksidan ini mampu memulihkan kulit setelah terbakar sinar matahari sekaligus mencegah terjadinya kerusakan kulit dalam jangka panjang akibat paparan ultraviolet terus menerus yang berpotensi memicu kanker kulit.

Dijelaskan dalam laman www.femalefirst.co.uk, hal ini bisa terjadi dikarenakan vitamin C merupakan komponen vital dalam pembentukan kolagen. Kolagen merupakan jenis protein yang terdapat pada jaringan kulit, otot dan tulang. Peran vitamin C amat penting karena berfungsi mengaktifkan enzim yang menstimulasi pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Selain itu kolagen juga bertanggungjawab menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit, sekaligus membangun struktur pada pembuluh darah agar oksigen, air dan nutrisi lainnya sampai ke kulit. Alhasil, tampilan kulit akan tampak lebih muda, kencang dan sehat bercahaya.

Karena pentingnya manfaat vitamin C baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kulit inilah, maka pastikan bahwa konsumsi harian vitamin C Anda tercukupi ya, Ladies. Angka kecukupan asupan harian vitamin C yang dianjurkan adalah 75 mg untuk wanita dewasa.

Asupan vitamin C ini bisa Anda dapatkan secara alami melalui konsumsi buah-buahan di antaranya jambu biji, jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, nanas. Sementara sayuran berasal dari paprika merah, brokoli, tomat dan cabai.

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading