Sukses

Beauty

10 Kebiasaan Baik yang Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang sehat dan terawat tentu menjadi dambaan bagi sebagian orang. Apalagi jika rambut juga memiliki tekstur yang lebat, seakan memberi nilai tambah pada penampilan. Selain itu, jangan pula melewatkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang akan menjauhkan dari masalah rambut rontok. Misalnya saja beberapa hal berikut yang ampuh dalam mengatasi rambut rontok.

1. Pijat Minyak Panas

Merawat keseahatn rambut memang dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya adalah memijat rambut sembari memulaskan minyak yang telah dipanaskan di atas air. Cara tersebut ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam minyak yang akan menyehatkan kulit kepala dan rambut. Apalagi dengan suhu minyak yang dapat membuka pori-pori kulit sehingga kulit akan menyerap lebih banyak nutrisi.

Baca juga: Perawatan Rambut Tradisional Menggunakan Hot Oil

2. Mengonsumsi Jus Buah

Kurangnya asupan nutrisi memang menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa jenis jus segar yang kaya akan vitamin. Misalnya saja jus jambu yang kaya akan vitamin C. vitamin C sendiri merupakan senyawa penting yang menjaga kesehatan kulit kepala dan menghindarkanmu dari rambut rontok.

3. Mencukupi Asupan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang dapat menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Bahkan, bahan tersebut juga mengurangi risiko rambut rontok. Beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidan, seperti jeruk, lemon, stroberi, green tea hingga berries. Selain menyantapnya, bisa juga menjadikannya sebagai masker rambut alami yang diaplikasikan sebelum berkeramas.

4. Biasakan Meditasi

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh stres. Kondisi tersebut membuat tubuh lebih rentan terkena masalah. Tidak heran jika ketahanan dari kulit kepala dan rambut juga ikut menurun. Akibatnya, risiko rambut berketombe dan mengalami kerontokan akan semakin besar. Untuk menghilangkan stres, bisa disiasati dengan melakukan meditasi. Aktivitas tersebut akan membuat tubuh dan fikiran menjadi lebih tenang.

Baca juga: 5 Menit Meditasi Atasi Rambut Rontok

5. Hindari Sinar Matahari

Radiasi sinar matahari juga dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, tidak ada salahnya sebelum beraktivitas di bawah terik matahari memulaskan sun protector serum terlebih dahulu. Bisa juga dengan mengenakan topi untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

6. Gunakan Kafein

Siapa sangka jika zat kafein ternyata juga dapat digunakan untuk menguatkan batang rambut. Namun, hal tersebut hanya berlaku unutk perawatan secara topikal. Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kafein dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok.

7. Pilih Jenis Sisir    

Salah satu cara mencegah rambut rontok adalah dengan memilih sisir yang tepat. Sisir bergigi rapat akan meningkatkan risiko rambut rontok. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan sisir dengan jarka antar gigi yang sedikit lebar. Bisa juga memakai roller comb yang juga memberi efek bervolume pada rambut.

8. Keringkan Rambut dengan Benar

Kebiasan baik yang juga harus diterapkan mulai dari sekarang adalah mengeringkan rambut dengan benar. Hindari menggosok rambut basah dengan handuk. Hal tersebut justru akan merusak batang rambut dan membuatnya lebih rentan mengalami rambut rontok. Sleain itu, jangan menyisir rambut basah karena membuat akar rambut lebih mudah lepas.

Baca juga: Cara Mengeringkan Rambut Yang Benar Seperti Ini Lho

9. Jaga Kebersihan Rambut

Menjaga kebersihan rambut merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok. Berkeramas setiap dua hari sekali dapat membuat kulit kepala steril dari jamur dan bakteri yang menyerap nutrisi. Sehingga rambut rentan terkena ketombe yang memperparah kerontokan rambut. selain itu, bilas rambut hingga bersih agar tidak ada sisa shampo yang menempel pada kulit kepala.

10. Mengurai Rambut

Terlalu sering mengikat rambut dengan erat juga berpotensi menimbulkan rambut rontok. Maka dari itu, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mengurai rambut agar akar rambut tetap kuat. Jika ingin menerapkan ponytail, jangan mengikat rambut terlalu kencang.

Selain itu, hindari menggunakan karet yang dapat merusak batang rambut. kenakan saja ikat rambut yang terbuat dari kain lembut.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading