Sukses

Beauty

Kenali Perbedaan Tipe Ketombe dan Cara Menghilangkannya

Sering mendapati serpihan warna putih di baju, terutama bagian bahu? Yup, itulah yang dinamakan ketombe. Kemunculannya cukup menjengkelkan dan memalukan, namun kabar baiknya, ada cara menghilangkan ketombe pada rambut. Kenali dulu perbedaan tipe ketombe  untuk menemukan cara cepat menghilangkan ketombe. Simak penjelasan berikut ini ya.

1. Ketombe Akibat Kulit Kering

Sebelum membahas cara menghilangkan ketombe dengan cepat, kamu perlu mengidentifikasi jenisnya, untuk mengetahui pengobatan terbaik yang bisa dilakukan. Selain itu, juga menyelamatkan rambut dari kerusakan akibat trial and error metode pengobatan yang dicoba, sebagai cara menghilangkan ketombe pada rambut.

Salah satunya adalah ketombe yang disebabkan oleh kulit kering. Ini merupakan jenis yang paling umum. Rambut yang cenderung kering rentan memiliki jenis ketombe ini. Selain itu, terlalu sering mencuci rambut dengan air hangat dapat membuat kulit kepala kering dan bersisik.

2. Ketombe Berhubungan dengan Minyak Rambut

Penyebab ketombe yang umum melanda adalah akumulasi minyak sebum yang dikeluarkan dari kulit kepala. Kebiasaan keramas dan penggunaan shampoo yang kurang tepat, sering dituding sebagai penyebab ketombe. Jika rambut dan kulit kepala tidak bersih, minyak sebum akan memerangkap sel-sel kulit mati dan kotoran, membentuk serpihan putih dan menyebabkan gatal-gatal.

3. Ketombe Karena Jamur

Malassezia merupakan jamur yang secara alami ditemukan pada kulit kepala dan pertumbuhannya terbatas. Tapi, minyak yang berlebihan pada kulit kepala berfungsi sebagai makanan bagi jamur,  sehingga mempercepat perkembangannya. Jamur ini menghasilkan oleic acid sebagai hasil sampingan metabolisme. Sayangnya senyawa ini meningkatkan proses regenerasi kulit kepala, menyebabkan serpihan besar putih yang tidak diinginkan.

4. Penyakit yang Terkait Ketombe

Penyebab ketombe lainnya termasuk infeksi yang berkaitan dengan kulit kepala. Misalnya psoriasis yang menyebabkan produksi berlebihan dari sel-sel kulit kepala. Jika rontok, kulit kepala akan bergabung dengan kotoran dan minyak sebum, menjadi penyebab ketombe. Selain itu, eksim juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan bersisik.

5. Manfaat Fenugreek Untuk Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Setelah mengetahui jenis dan penyebab ketombe, kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan fenugreek. Caranya mudah kok, ambil 2 sendok makan fenugreek, lalu rendam dalam air selama semalam. Lanjutkan dengan menggilingnya hingga menyerupai pasta halus. Keesokan paginya aplikasikan pada kulit kepala dan biarkan sekitar setengah jam. Setelah mengering, cuci dengan air biasa. Hasilnya rambut jadi bebas dari ketombe dan terasa lembut.

6. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Selain fenugreek, bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ketombe adalah jeruk nipis. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis cukup mudah kok. Ambil sari jeruk nipis dan campurkan dengan air. Gunakan sebagai air bilasan setelah mencuci rambut dengan shampoo. Tapi hindari pengobatan ini pada rambut yang diwarnai, karena dapat membuat warna rambut cepat memudar.

7. Manfaat Cuka Sebagai Obat Ketombe

Campurkan cuka apel dengan air dalam ukuran yang sama. Oleskan campuran ini pada kulit kepala. Diamkan sebentar lalu cuci rambut hingga bersih. Selain dapat menghilangkan gatal-gatal, ini juga merupakan cara ampuh menghilangkan ketombe.

8. Menjaga Kebersihan Rambut

Rambut yang terjaga kebersihannya merupakan cara ampuh menghilangkan ketombe. Mencuci rambut dengan shampoo yang tepat dan rutin melakukannya, menjadi cara menghilangkan ketombe pada rambut. Gunakan sampo anti ketombe yang disesuaikan dengan jenis rambutmu, untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel. Jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih, sehingga tidak tersisa kotoran maupun sisa sabun, yang dapat berubah menjadi ketombe.

Semoga tips-tips di atas dapat memberikan info bagaimana cara menghilangkan ketombe. Selamat mencoba ya.

(vem/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading