Sukses

Beauty

Bahaya, Orang Berkaki Panjang Berisiko Derita Kanker Usus

Memiliki kaki panjang dan tinggi badan yang maksimal tentu sangat menyenangkan dan membanggakan. Apalagi, jika tinggi badan yang maksimal tersebut dibarengi dengan bentuk tubuh yang ideal dan ramping. Tapi nih ya, bagi kamu yang memiliki badan tinggi dan kaki jenjang jangan gampang puas serta bangga dengan penampilan kamu. Karena apa? Dikutip dari laman asiantown.net, studi menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kaki jenjang dan badan tinggi justru lebih berisiko menderita kanker usus.

Studi yang dilakukan para ahli di University of Minesota menemukan bahwa mereka yang memiliki kaki jenjang lebih berisiko menderita kanker usus sehingga 40%. Risiko ini sendiri terjadi karena di dalam kaki yang panjang memiliki hormon dan sel tertentu yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Studi ini juga diperkuat dengan presentasi kesehatan yang dilakukan dalam pertemuan American Association fo Cancer Research pada 19 April 2016. Dalam pertemuan ini dikatakan bahwa orang yang memiliki kali panjang berisiko mengembangkan kanker kolorektal sebesar 42% dan kanker usus lebih tinggi dari orang yang berkaki pendek.

Para ahli menemukan bahwa pria yang memiliki panjang kaki rata-rata 91 cm atau lebih memiliki risiko terkena kanker usus sebesar 91%. Sementara itu, untuk wanita tidak terlihat perbedaan yang signifikan. Seorang ahli yang juga pemimpin studi dari University of Minesota mengatakan, "Berdasarkan data studi, sebelumnya orang yang tinggi cenderung berisiko terkena kanker dan serangan jantung. Kini, kami menemukan bahwa mereka yang tinggi dan berkaki panjang ternyata sangat rentan terhadap kanker usus."

Menurut para ahli, risiko kanker usus tak hanya disebabkan oleh sel atau hormon dalam tubuh saja. Lebih jauh, risiko ini juga terjadi karena kemungkinan besar orang tinggi dan berkaki panjang juga memiliki usus yang panjang sehingga kemungkinan kanker berkembang di usus semakin luas dan besar.

Data penelitian ini diambil dari Atheroclerosis Risk in Communities Study, yang meneliti 14.500 pria dan wanita. Data itu nantinya dicari tahu bagaimana perbedaan kesehatan orang yang berkaki panjang dan bertubuh tinggi dengan orang yang berkaki pendek. Selain melakukan penelitian terhadap 14.500 sampel, peneliti juga mengamati adanya kasus kanker usus selama 20 tahun terakhir.

Duh, kok ngeri ya Ladies. Tapi jangan khawatir, meski orang kaki panjang atau tinggi lebih berisiko menderita kanker usus, risiko ini masih bisa dicegah dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Olahraga, istirahat dan minum air putih cukup tetap harus terjaga dan tidak boleh sembarangan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan kita semua lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading