Sukses

Beauty

10 Bumbu Dapur yang Ampuh Basmi Ketombe

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap menghantui sebagian orang. Tidak jarang pula jika kondisi ini menjadikan kulit kepala lebih rentan terhadap iritasi dan rasa gatal yang menyiksa. Tidak heran jika banyak orang yang mencari cara mengatasi ketombe dengan aman dan menyeluruh. Selain pergi ke salon langganan, cobalah memanfaatkan bumbu dapur seperti berikut.

1. Masker Bubuk Pala

Rempah-rempah yang satu ini ternyata memiliki zat anti-bakteri dan anti-jamur. Tidak heran jika pala dapat dimanfaatkan untuk membasmi ketombe secara alami. Terutama untuk rambut berketombe yang disebabkan oleh malassezia. Lakukan perawatan dengan membubuhkan masker bubuk pala secara merata pada kulit kepala secara rutin, dapat membantumu dalam mengurangi ketombe membandel pada kulit kepala.

2. Biji Wijen

Salah satu jenis bumbu dapur satu ini tidak hanya mampu menambah cita rasa masakan. Siapa sangka jika biji wijen juga dapat membantumu dalam mengatasi rambut berketombe. Apalagi dengan olahannya yang dikemas dalam bentuk minyak. Minyak wijen sendiri diketahui mengandung moisturizer dan SPF yang dapat melindungi kulit kepala dari kekeringan atau pun radiasi sinar UV. Mengaplikasikan minyak wijen juga ampuh dalam memperlambat pertumbuhan sel kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe.

3. Lada Hitam

Bumbu yang kerap digunakan untuk membuat saus lezat ini juga ampuh dalam mengatasi ketombe. Pasalnya, lada hitam memiliki kandungan bahan yang dapat menghalau penyebab ketombe, yakni zinc dan selenium. Mencampurkan bubuk lada hitam pada masker rambutmu tentu dapat mencegah ketombe datang kembali.

4. Sage Tea

Ingin mendapatkan rambut yang bebas dari masalah ketombe dan tetap bersih? Gunakan saja produk perawatan yang telah ditambahkan atau menggunakan sage tea di dalamnya. Tanaman satu ini memiliki formula aktif yang ampuh membantu basmi penyebab ketombe. Terutama dalam menyingkirkan bakteri atau pun jamur penyebab ketombe.

5. Daun Rosemary

Memiliki jenis kulit kepala yang berminyak dan rentan terkena iritasi? Jangan khawatir, gunakan saja produk perawatan alami yang mencampurkan daun rosemary di dalamnya. Bahan alami yang ada di dalam daun rosemary dapat mengontrol produksi sebum pada kulit kepala. Kondisi tersebut tentu saja akan menghindarkanmu dari masalah ketombe. Menggunakan olahan atau produk dengan tambahan daun rosemary juga menjadikan kulit kepala lebih kesat dan bebas minyak.

6. Daun Oregano

Bumbu khas Italia ini memang memiliki aroma khas. Tidak heran setiap sajian dengan tambahan oregano akan mengeluarkan cita rasa yang kuat. Namun, daun ini juga dapat membantumu dalam mengatasi rambut berketombe yang disebabkan oleh iritasi. Kandungan di dalamnya ampuh meredakan iritasi serta menjadikan kulit kepala tetap sehat.

7. Bawang Putih

Jika bawang putih sering diidentikkan sebagai pengusir vampire, kali ini bumbu dapur ini juga dapat mengatasi ketombe. Hal ini dikarenakan adanya zat antiseptik pada bawang putih yang akan menghalau penyebab ketombe, terutama kotoran dan jamur. Selain itu, bawang putih juga dapat mencegah terjadinya iritasi.

8. Ekstrak Vanila

Minyak yang satu ini kerap dijadikan bahan pewangi pada sajian tertentu. Namun, di balik wanginya yang khas, ekstrak vanila juga dapat mengurangi tingkat stres. Stres sendiri merupakan salah satu penyebab ketombe yang tidak disadari. Mengoleskan sedikit minyak vanila pada kulit kepala akan menutrisi dan menjadikan kulit kepala lebih segar dan sehat. Masalah rambut berketombe pun tidak akan mengganggu hari-harimu.

9. Daun Thyme

Rambut berketombe yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah malassezia pada kulit kepala dapat diatasi dengan praktis. Salah satu bahan alami yang dapat menstabilkan kembali jumlah jamur tersebut adalah daun thyme. Kandungan anti-jamur di dalamnya ampuh meluruhkan jamur yang ada pada kulit kepala sehingga akan terasa lebih bersih.

10. Kunyit

Bumbu dapur berwarna kuning ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pewarna alami. Namun juga ampuh dalam menyehatkan kulit kepala. Tidak heran karena antioksidannya yang tinggi dapat menjaga kulit kepala tetap ternutrisi. Kondisi tersebut tentu saja dapat membantu menghindarkan kulit kepala dari masalah rambut berketombe.

Agar rambut berketombe dapat teratasi secara menyeluruh, tidak ada salahnya untuk melengkapi home treatment-mu. Selain menggunakan shampo khusus ketombe, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan bahan-bahan alami. Kandungan nutrisi dalam bahan-bahan alami seperti bumbu dapur di atas akan menghilangkan ketombe sekaligus menutrisi sel kulit kepala dan rambut.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ketombe atau dandruff berasal dari bahasa Anglo-saxon, yang merupakan gabungan kata yang berarti tetter, yaitu penyakit kulit

    Ketombe

What's On Fimela
Loading