Sukses

Beauty

Sabar, Ini Cara Terbaik Agar Kamu Jadi Orang Yang Lebih Sabar

Ketika kamu berada di jalan, kamu pasti akan banyak bertemu dengan orang yang berjalan terburu-buru, mengendarai kendaraan dengan kencang atau melihat orang yang menyerobot antrian seenaknya. Semua itu didasari entah memang karena dikejar waktu, atau karena mereka kurang sabar.

Orang masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya memiliki rasa sabar. Seringkali orang mengeluh karena kurang sabar dan marah-marah karena tidak sabar, padahal menjadi orang sabar itu hidupnya lebih damai dan menyenangkan lho.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang ramah memiliki lebih banyak rasa sabar dan bisa mengendalikan diri dengan baik. Menurut David DeSteno, profesor psikologi Northeastern University, pikiran manusia punya kecenderungan untuk lebih mementingkan masa sekarang dibandingkan masa depan.

Pemikiran inilah yang kemudian memicu berbagai hasil yang negatif nantinya. Emosi seseorang yang tak terkendali, ambisi dan keinginan besar menjadi salah satu penyebab kurangnya rasa sabar. Namun ada satu hal menarik yang ternyata juga ditemukan dalam penelitian ini.

Penelitian David DeSteno dan timnya yang diterbitkan dalam jurnal Emotion ini menemukan bahwa rasa terima kasih dan bersyukur ternyata bisa membantu orang-orang bersikap lebih sabar. Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta 105 orang untuk menyelesaikan tugas di komputer. Ketika pekerjaan tersebut sudah hampir selesai, komputer mati mendadak.

Setelah itu, petugas akan datang dan mengatakan bahwa mereka harus memulai pekerjaan dari awal jika komputer sudah bisa menyala. Kemudian orang lain akan masuk untuk memperbaiki komputer tersebut, dan setelah komputer bisa dinyalakan, kebanyakan orang ternyata mengucapkan terima kasih atau merasa berterima kasih terhadap tukang komputer tersebut.

Para peneliti juga menawarkan sejumlah uang tunai yang bisa diberikan saat itu atau mereka bisa memilih menerima uang lebih namun diberikan beberapa hari setelah itu. Ternyata, orang-orang yang lebih banyak bersyukur memilih untuk menunggu agar bisa mendapatkan lebih banyak uang, hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki sikap sabar.

David DeSteno pun menyimpulkan, orang-orang yang pandai bersyukur ternyata punya self-control yang tinggi dan ini meningkatkan rasa sabar mereka terhadap sesuatu. Ketika kamu merasa berterima kasih dan lebih banyak bersyukur, kamu akan lebih menikmati hidupmu setiap harinya.

Banyak bersyukur juga membuatmu lebih siap menghadapi apa pun yang akan terjadi dalam hidup. Tak perlu harus hal besar yang disyukuri, justru hal-hal kecil di sekitarmu yang sudah kamu miliki lah yang patut disyukuri dari sekarang, Jadi, banyak-banyaklah bersyukur mulai sekarang ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading