Sukses

Beauty

Derita Tekanan Darah Tinggi? Turunkan Pakai Jus Ceri Saja

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh sebagian besar orang. Bagi yang menderita darah tinggi stadium rendah, bisa saja ia hanya mengalami sakit kepala dan mual saja. Tapi, bagi mereka yang telah menderita darah tinggi stadium tinggi, bisa saja mereka rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Agar tekanan darah tak kembali naik, penderita darah tinggi harus sangat hati-hati dalam memilih setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Salah memilih makanan, tekanan darah bisa menjadi sangat tinggi dan membahayakan kesehatan. Sementara itu, penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah seperti halnya buah belimbing, buah semangka atau buah ceri.

Buah ceri dikatakan bisa menurunkan tekanan darah tinggi | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli baru saja menemukan bahwa buah ceri bisa menjadi obat tekanan darah tinggi. Para ahli yang mempublikasikan penelitian mereka di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa minum satu gelas jus ceri setiap hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7 persen. Dan jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin setiap hari, tak hanya tekanan darah tinggi saja yang turun. Lebih jauh, kita pun akan terhindar dari risiko stroke atau serangan jantung hingga 30 persen.

Para ahli mengungkapkan jika kandungan nutrisi pada buah ceri bisa menetralisir tekanan darah dalam tubuh. Rasanya yang manis alami juga bisa menambah energi dalam tubuh tanpa khawatir tubuh berisiko akan diabetes. Kandungan antioksidan dan asam fenolik pada buah ceri bahkan dipercaya bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar juga terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Karen Keane, seorang ketua penelitian mengatakan,

"Tekanan darah tinggi, kolesterol, serangan jantung, obesitas hingga diabetes sering kali terjadi karena seseorang kurang melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasi hal ini, sangat perlu dilakukan aktivitas fisik yang baik. Ini juga diatasi dengan konsumsi sayur dan buah yang sehat seperti halnya ceri. Kami menemukan bahwa buah ceri bisa menurunkan tekanan darah hingga 7 persen setelah ia dikonsumsi. Ini adalah kabar baik bagi penderita darah tinggi karena mereka bisa memanfaatkan buah ceri untuk mengatasi masalah yang ia alami."


Sementara itu, Profesor Glyn Howaston mengatakan, "Ini adalah studi pertama mengenai manfaat ceri buat tekanan darah. Menarik, kami menemukan bahwa nutrisi pada buah ceri bisa menurunkan tekanan darah dengan baik dan bisa bantu kita sembuh dari risiko darah tinggi. Konsumsi ceri juga bisa menurunkan risiko serangan jantung ataupun stroke."

Mengingat akan manfaat baik dari buah ceri? Nggak ada salahnya jika kita semakin suka pada buah ceri. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading