Sukses

Beauty

Studi: Menggambar Bisa Tingkatkan Kemampuan Memori Otak

Seiring dengan bertambahnya usia dan semakin banyaknya hal yang harus dipikirkan, tidak jarang hal ini akan membuat kemampuan memori otak menurun. Tapi nih ya, kamu nggak perlu khawatir bakal mengalami penurunan otak saat dewasa atau tua kelak. Dengan memastikan melakukan pola hidup sehat, selalu bahagia, menghindari stres dan jujur, bisa saja kemampuan memori otak akan baik-baik saja.

Selebihnya, dikutip dari laman asiantown.net, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memori dan menjaga performanya agar selalu baik adalah dengan menekuni aktivitas menggambar. Para ahli yang mempublikasikan hasil studi mereka di Journal of Experimental Psychology menyebutkan bahwa menggambar adalah salah satu aktivitas yang bisa bikin memori otak lebih rileks, selalu baik dan mengesankan.

Jeffrey Wammes, seorang ahli yang telah melakukan penelitian menyebutkan bahwa orang-orang akan lebih mudah mengingat gambar jika dibandingkan dengan mengingat tulisan atau suara. Wammes mengatakan, "Karya seni lukis ataupun kaligrafi memiliki efek yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Gambar biasanya akan lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan tulisan atau suara. Gambar juga akan membuat seseorang mengingat berbagai hal yang mengesankan."

Gambar akan lebih mudah membuat seseorang mengingat jika dibandingkan dengan tulisan atau suara | Photo: Clpyright asiantown.net

"Tanpa disadari, aktivitas menggambar telah melatih otak untuk berpikir lebih keras mengenai apa yang akan ia gambar. Menggambar juga telah melatih otak untuk mengingatkannya akan berbagai hal yang sederhana hingga paling rumit. Menariknya lagi, menggambar juga telah melatih otak seseorang untuk berpikir lebih kreatif. Ketika otak sering dilatih inilah yang membuat performanya meningkat dengan baik dan mengesankan." Lanjut Wammes.

Meski para ahli dan peneliti mengungkapkan bahwa menggambar bisa meningkatkan kemampuan memori otak, menggambar saja tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan memori. Para ahli juga menyarankan agar kita memiliki pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan melatih otak dengan latihan lain seperti halnya menulis, mengerjakan soal berhitung dan masih banyak lagi.

Hasil penelitian yang menarik ya. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Panjang Umur? Makan Saja Satu Butir Apel Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
Ini Lho Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Tertawa