Sukses

Beauty

Ini Yang Akan Terjadi Jika Kamu Bisa Melawan Kecanduan Gadget

Jika kamu melihat sekitarmu, kamu pasti akan melihat pemandangan yang hampir sama, orang-orang sibuk dengan gadget mereka. Mereka bahkan munhkin menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melihat hape dibanding ngobrol dengan teman di samping mereka.

Banyaknya fasilitas pada gadget, dan berbagai aplikasi seru yang membuat banyak orang akhirnya asik sendiri dengan gadget dibanding bersosialisasi langsung. Sebuah penelitian di tahun 2015 lalu, penelitian Pew Research Centre, menunjukkan bahwa 24 persen remaja secara intens selalu terhubung dengan internet.

Survey yang dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa di tahun 2012 lalu bahkan menemukan bahwa ada 1,5 hingga 8,2 persen orang menderita kecanduan gadget atau disebut juga Internet Addiction Disorder (IAD), sumber lain bahkan menemukan sekian persen lebih tinggi lagi.

Sayangnya, kecanduan barang eletronik ini justru memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh. Mulai dari kesehatan mata, karena paparan radiasi sinar biru layar gadget, gelombang elektromagnetik dari gadget yang mengganggu gelombang otak hingga gangguan tidur yang tidak bisa dianggap enteng.

Beberapa penelitian juga menemukan orang akan lebih rentan stres karena terlalu sering sibuk dengan gadget dan mengalami tegang otot leher. Bukan hanya itu, penggunaan gadget terus-terusan juga berhubungan dengan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat.

Tapi jika kamu bisa melawan kecanduan karena gadget, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh akan menjadi lebih ringan, fungsi otot membaik, kemampuan penglihatan juga lebih baik, serta kamu merasa lebih tenang. Karena kamu lebih banyak aktivitas fisik dan berinteraksi langsung dengan orang, kamu juga merasa lebih bahagia.

Itu dia beberapa manfaat yang akan kamu dapat jika bisa melawan kecanduan gadget. Membatasi diri berhubungan dengan gadget tidak akan menghancurkan hidupmu, justru sebaliknya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading