Sukses

Beauty

5 Tips Agar Tubuh Tak Mudah Haus & Dehidrasi Selama Puasa

Dehidrasi adalah salah satu hal yang paling sering dihadapi muslim yang berpuasa selama Ramadan. Rasa haus memang salah satu hal yang susah dihadapi, tapi jangan sampai ini jadi alasan membuatmu membatalkan puasa ya.

Karena sebenarnya ada tips dan trik sederhana untuk menjaga tubuh tetap fit dan tak mudah haus selama Ramadan. Ini yang kamu perlukan agar tak mudah haus.

    Rutin minum 8 gelas air

    Minum air 8 gelas selama waktu buka puasa hingga menjelang sahur. Hindari minum minuman terlalu manis semacam kolak dan teh segera saat buka puasa. Awali dengan minum air putih 1-2 gelas dulu. Air akan mengganti elektrolit tubuh, beri jeda, setelah itu baru menikmati takjil atau makanan lainnya untuk berbuka.

    Bawa botol air minum saat tarawih

    Minum air putih tak akan membatalkan wudlu, jadi kamu bisa minum air putih di sela-sela pergantian sholat tarawih. Cara ini ampuh membuat tubuh terhindar dehidrasi.

    Minum air sebelum tidur

    Pastikan kamu minum paling tidak 1 gelas air sebelum tidur. Saat tidur, tubuh juga melakukan aktivitas yang menimbulkan rasa haus dan dehidrasi, jadi persiapkan botol air minum di samping tempat tidurmu.

    Hindari makan gorengan, manis dan asin

    Hindari makan gorengan, ganti dengan buah-buahan. Saat berbuka, rawan makan makanan asin dan goreng-gorengan. Makanan berlemak dan berminyak cenderung menyebabkan mulut dan tenggorokan kering. Begitu juga dengan makanan asin dan manis, mudah sekali menyebabkan haus.

    Perbanyak makan buah dan sayur

    Ganti camilan tak sehat dengan buah-buahan segar seperti semangka, pepaya, melon dan lain sebagainya yang berserat, bergizi dan kaya air. Sayuran juga jadi makanan sehat yang mampu mempertahankan air dalam tubuh, tidak membuatmu cepat haus.

Pastikan juga saat sahur kamu minum air putih yang cukup ya. Jadi, coba terapkan sekian tips di atas, siang hari puasa tak akan terasa lelah dan cepat haus karena tubuhmu menyimpan air cukup untuk menghadapi puasa seharian.

 (vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading