Sukses

Beauty

Ramadan Bukan Hanya Detoks Fisik, Tapi Juga Detoks 5 Hal Ini

Bulan Ramadan menjadi bulan suci bagi umat Islam. Bulan hanya untuk membersihkan diri makanan tapi juga membersihkan hati dan pikiran. Puasa Ramadan menjadi salah satu cara detox setahun sekali.

Tapi bukan hanya secara fisik saja puasa berpengaruh pada orang yang menjalankan puasa, tapi juga berpengaruh di beberapa hal dalam hidup, seperti berikut ini.

    Detox Sosial

    Umumnya, orang akan minta maaf ke saudara, teman, dan orang di sekitarnya untuk menyucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadan. Orang juga akan bersikap lebih baik, berbuat lebih baik dan lebih dekat dengan sesama seperti memberi takjil atau makan sahur dan lain sebagainya.

    Detox Media Sosial

    Selama Ramadan, sebaiknya kamu tak lagi nyinyir di sosmed, atau update status pamer dan lain sebagainya karena itu bisa mengurangi pahala. Kamu harus lebih baik menahan hawa nafsu untuk memberi tahu banyak orang kamu sedang apa saat ini. Selama itu bersifat negatif, hindari sebisa mungkin.

    Detox Kebiasaan

    Hilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok, ngemil, ngegosip dan lain sebagainya. Saatnya tutup mulut dan menjaga apa yang keluar dari mulutmu. Daripada bicara hal-hal yang tak penting dan membuatmu jadi mudah lapar, mending baca buku, baca Al Quran atau mendengarkan siraman rohani ladies.

    Detox Hati

    Berhenti berprasangka, curiga atau berpikir buruk tentang orang lain. Belum tentu apa yang kamu pikirkan tentang orang tersebut benar. Kenapa harus mengurus urusan orang lain ketika kamu masih belum benar mengurus diri sendiri? Yuk berprasangka lebih baik dan berpikir positif terhadap orang lain.

    Detox Kesehatan

    Sistem pencernaan pun perlu istirahat setelah setahun lamanya mencerna makanan. Puasa menjadi cara terbaik membersihkan usus dari racun makanan. Itulah mengapa puasa juga seringkali dianjurkan untuk pasien sebelum operasi, demi kebaikan dan kesehatan pasien itu sendiri.

    Detox Spiritual

    Saat Ramadan adalah saat yang tepat memperdalam ilmu agama dan mendekatkan diri pada Allah. Bukan berarti setiap hari tak jadi waktu mendekatkan diri, namun Ramadan menjadi semacam pengingat bagi umat muslim untuk lebih baik secara spiritual.

Jadi, puasa bukan hanya jadi cara membersihkan tubuh dari makanan, tapi juga jadi cara baik memperbaiki diri secara emosional, pikiran dan nurani. Yuk lebih khusyuk puasa dan dekatkan diri ke Allah SWT selama Ramadan ladies. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading