Sukses

Beauty

4 Makanan Beracun Yang Kemungkinan Besar Ada Di Dapurmu

Meski memang untuk dimakan, tapi beberapa makanan ternyata juga punya kandungan racun jika kamu tak memperhatikan penggunaannya dengan baik. Apalagi seringkali sebagai manusia, kita banyak mengabaikan beberapa hal kecil mengenai makanan yang kita makan.

Bagaimana pun, tumbuhan juga punya sistem perlindungan alami yang bisa jadi berbahaya untuk tubuh, dan sekian makanan beracun berikut ini mungkin ada di dapurmu.

    Biji Pala

    Biji pala memiliki bersifat halusinogen. Makan biji pala sebanyak 5 gram saja sudah bis menyebabkan efek samping seperti pening, pusing dan seakan mau pingsan, konsumsi lebih dari itu bisa kejang-kejang dan bahkan tak sadarkan diri. Bayangkan jika kamu makan 1 biji pala penuh, bakal seperti apa rasanya.

    Kentang

    Senyawa glycoalkaloid bisa ditemukan dalam daun, batang dan tunas kentang. Ini juga bisa terbentuk di dalam kentang yang sudah lama disimpan dan tak segera diolah, terutama yang ditaruh di tempat yang terang atau terkena cahaya langsung. Mengonsumsi makanan mengandung glycoalkaloid  bisa menimbulkan efek kram, diare, bingung, bahkan koma hingga kematian. Jadi, segera buang kentang yang sudah bertunas atau disimpan terlalu lama.

    Kacang Almond

    Kacang almond memang sehat dan membantu menurunkan berat badan jika kamu sedang diet. Tapi ada dua macam almond, yang manis dan yang pahit. Yang pahit mengandung hidrogen sianida. Dikatakan jika makan 7-19 almond pahit bisa menyebabkan masalah kesehatan pada orang dewasa, dan bahkan kerusakan fatal pada anak-anak.

    Tomat

    Buah tomat sangat sehat tapi hati-hati, daun dan batang tomat mengandung racun alkali. Dan tomat yang belum matang atau masih hijau dikhawatirkan memiliki kandungan yang sama. Efeknya memang tak fatal, tapi kamu pasti tak akan mau menanggung efek sampingnya.

Sebenarnya racun dalam bahan makanan memang wajar adanya, inilah fungsinya masak dengan benar dan matang. Bahan makanan memang seharusnya dimasak dengan matang untuk menghilangkan racunnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading