Sukses

Beauty

Alasan Mengapa Makanan Pedas Bikin Hidung Gatal & Bersin

Kamu mungkin pernah merasa ingin bersin atau hidung terasa gatal ketika ibu memasak di rumah kan? Biasanya perasaan ingin bersin ini timbul ketika ibu sedang menumis bumbu yang pedas. Tapi pernahkah kamu penasaran mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ini nih alasannya.

Bahan makanan pedas mengandung senyawa capsaicin atau allyl isothiocyanate yang menimbulkan rasa panas dan pedas di mulut dan perut jika dimakan. Sebenarnya senyawa ini ada sebagai bentuk perlindungan cabai terhadap makhluk yang ingin memakannya agar tidak menghancurkan biji-bijian di dalam cabai.

Itulah mengapa rasa pedas pada cabai lebih banyak terdapat di bijinya. Tapi bukan hanya sebagai bentuk perlindungan cabai, capsaicin juga memiliki sifat anti-fungal. Bukan hanya ada di cabai saja, bahan makanan seperti bawang merah, wasabi, dan daun bawang.

Senyawa ini bukan hanya memberikan sensasi terbakar di mulut, tapi juga merangsang membran mukus di hidung sehingga membuat hidungmu memberi reaksi berair dan gatal ingin bersin. Dan sebenarnya hal ini juga sebagai bentuk perlindungan tubuhmu terhadap benda-benda asing dari luar hidung.

Bukan hanya membuat hidung berair, tapi juga membuat mata berair karena capsaicin atau allyl isothiocyanate juga membuat membran di mata mengeluarkan air. Ketika terpapar suhu panas saat dimasak, capsaicin akan menyeruak keluar dan bercampur dengan udara sekitar yang membuat senyawa ini masuk ke hidung.

Jadi, sekarang sudah tahu kan mengapa seringkali kamu akan bersin dan hidung berair ketika ibu masak atau menumis makanan pedas?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading