Sukses

Beauty

3 Sayuran Kaya Antioksidan Yang Lebih Sehat Ketika Dimasak

Antioksidan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari kerusakan karena pengaruh radikal bebas di dalam tubuh, mulai dari membuat kulit awet muda hingga mencegah kanker. Radikal bebas bisa berasal dari banyak hal, seperti misalnya polusi, radiasi, sinar ultraviolet, rokok dan bahkan proses metabolisme alami tubuh.

Kamu bisa mendapatkan antioksidan dari buah dan sayur. Sayuran dan buah segar umumnya memiliki nutrisi dan antioksidan lebih banyak, tapi beberapa sayur kaya antioksidan berikut ini justru memiliki lebih banyak kandungan nutrisi saat dimasak.

    Tomat

    Tomat bisa dimakan mentah, tapi ternyata bisa lebih kaya nutrisi saat terkena suhu panas atau dimasak. Tomat kaya vitamin C dan likopen, dan likopen dalam tomat akan bertambah tinggi ketika dimasak.

    Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, sebuah penelitian menemukan bahwa memasak tomat jauh lebih bermanfaat dibanding dimakan mentah. Likopen sendiri bisa menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan respon syaraf.

    Brokoli

    Sayur hijau ini memang lebih baik dimasak sebelum dimakan, karena selain rasanya aneh saat dimakan mentah, ternyata kandungan nutrisinya juga lebih banyak. Brokoli dikenal sebagai sayur detoks yang melunturkan racun dalam tubuh.

    Penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa karotenoid, polifenopl, glucosinolat, lutein dan tocopherol yang bisa menurunkan inflamasi pembuluh darah sehingga menurunkan kemungkinan kanker. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, merebus atau mengukus brokoli terbukti meningkatkan karotenoid dan lutein.

    Wortel

    Wortel dikenal kaya vitamin A, beta karoten, dan berbagai mineral. Wortel mengandung antioksidan lebih banyak ketika dimasak. Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, wortel yang di rebus, kukus atau ditumis bisa meningkatkan kandungan karotenoid, polifenol, glucosinolat dan vitamin C.

    Penelitian menemukan bahwa peningkatan antioksidan bisa 14 persen lebih tinggi dibanding saat mentah. Berbeda jika wortel digoreng, justru menurunkan antioksidan karena pengaruh minyak, meski akan meningkat pada awalnya.

Jadi, itu dia 3 sayuran yang wajib dimasak jika kamu ingin mendapatkan kandungan nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi dan lebih sehat sebelum mengonsumsinya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading