Sukses

Beauty

Makan Sayur Yang Daunnya Ada Putih-Putihnya, Amankah?

Makan sayur dan buah memang wajib jika kamu ingin mendapatkan makanan bernutrisi dan menjaga tubuh sehat. Tapi pernahkah kamu menyadari saat membeli sayuran bahwa terkadang daun-daun sayuran ini ditempeli bercak putih-putih yang entah dari mana datangnya, tapi kemungkinan besar karena hewan-hewan kecil.

Tapi amankah mengonsumsi sayuran yang daunnya ditempeli bercak-bercak putih ini? Karena inilah yang ditanyakan suatu ketika oleh Yvette Ong saat ia menemukan bercak putih ini di sayuran yang ia beli. Bercak ini memang cukup umum.

Agri-Food & Veterinary Authority of Singapore (AVA) mengatakan pada reporter stomp.com.sg, Cheryl Teh, bahwa berdasarkan foto yang dikirim tersebut, bercak-bercak putih pada daun sayuran kemungkinan besar disebabkan oleh serangga tanaman.

Serangga berwarna putih dengan ukuran kecil ini makan getah sayuran dan meninggalkan sisa makanan atau kotoran di daun, tapi tidak ada risiko kesehatan yang akan membahayakan tubuh. Sayuran bisa dicuci bersih dengan air mengalir dan digosok dengan tangan agar hilang.

Sayuran juga bisa langsung diolah tanpa takut ada racun dari bercak putih ini. Sayuran juga bisa dibersihkan dengan cara merendam dengan menggunakan air lemon, cuka atau garam untuk merontokkan serangga atau telur ulat yang menempel pada daun sayuran.

Jadi kesimpulannya, konsumen dapat belajar banyak tentang hal-hal di sekitarnya dan belajar kritis dengan bahan makanan yang dibeli. Terkadang hal-hal kecil seperti ini seringkali diabaikan, tapi untung saja untuk hal ini, tak membahayakan kesehatan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading