Sukses

Beauty

Computer Vision Syndrome, Kenali Gejalanya dan Cegah Bahayanya

Buat kamu yang sering menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gadget pasti pernah mengalami hal ini. Mata merah, mata kering, hingga tidur yang tak nyenyak. Jika kamu mengalami hal-hal itu, segera waspada Ladies bisa jadi kamu mengalami Computer Vision Syndrome (CVS).

Apa itu Computer Vision Syndrome (CVS)? Dilansir dari lifehack.org, CVS tak hanya soal gangguan mata saja, melainkan kondisi yang muncul karena terlalu banyak menggunakan komputer dalam jangka waktu lama terus-terusan. CVS ini tak hanya dialami oleh orang dewasa tapi juga anak-anak yang saat ini banyak kecanduan video games, tablet, bahkan ponsel. Yuk, kenali gejala-gejalanya lebih lanjut untuk mencegah dampak bahayanya.

Gejala Umum CVS
Berikut ini beberapa gejala umum Computer Vision Syndrome (CVS), antara lain:
1. Pandangan mata kabur (blurry), butuh usaha yang lebih keras untuk melihat sesuatu dengan jelas.
2. Semuanya terlihat dobel, saat melihat sebuah objek, objek tersebut tampak ganda.
3. Mata kering dan mata merah, kadang terasa gatal.
4. Iritasi mata, sampai harus menggunakan obat tetes air mata untuk mengatasinya.
5. Sakit kepala, baru menggunakan komputer dalam waktu singkat kamu langsung merasa pusing.

Cegah dengan Teknik 20-20-20
Untuk mencegah dirimu terkena Computer Vision Syndrome (CVS), kamu bisa menggunakan tips yang satu ini. Tips ini menggunakan teknik 20-20-20. Jadi, setiap 20 menit sekali, kamu perlu mengistirahatkan mata selama 20 detik untuk menatap objek yang berada 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempatmu berada. Mudah sekali, kan?

Apalagi kalau kamu setiap hari menggunakan komputer selama berjam-jam dalam sehari, penting untuk selalu menyempatkan diri mengistirahatkan mata selama 20 menit sekali. Dengan begitu, kesehatan mata bisa tetap terjaga dan terhindar dari mata iritasi atau gangguan mata lainnya.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading