Sukses

Beauty

4 Alasan Lemak Berkumpul di Perut & Sebabkan Buncit

Perut buncit biasanya akan membuat seseorang merasa kurang nyaman, tidak percaya diri dan bahkan merasa kurang menarik. Menakutkan lagi, perut buncit yang disebabkan oleh bekumpulnya lemak di perut akan meningkatkan beragam risiko kesehatan serta kecantikan. Pada dasarnya, ada banyak hal yang menyebabkan kenapa perut menjadi buncit atau lemak berkumpul di perut.

Dikutip dari laman prevention.com, setidaknya ada empat hal kenapa perut menjadi buncit dan tidak seksi atau keren lagi. Empat penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Stres Berat

    Untuk hal pertama yang menyebabkan lemak berkumpul di perut dan sebabkan perut buncit adalah stres berat. Tidak jarang, seseorang yang mengalami stres akan kehilangan kendali untuk konsumsi berbagai macam makanan. Karena kehilangan kendali inilah, hal ini akan membuat makanan yang dikonsumsi terlalu banyak dan akhirnya menyebabkan lemak yang menumpuk di tubuh semakin banyak. Stres juga sering kali menyebabkan seseorang tak bisa makan secara teratur. Makan tidak teratur ini pun nantinya juga akan menyebabkan perut buncit dan lemak yang berkumpul di perut semakin banyak.

    Tidur Kurang atau Tidur Berlebih

    Buat kamu yang punya waktu tidur kurang atau berlebih, kamu harus selalu berhati-hati. Karena apa? Karena, waktu tidur yang kurang juga berlebih rentan menyebabkan perut menjadi mudah buncit. Selain perut buncit, tidur yang tidak teratur baik itu kurang atau berlebih akan membuat kesehatan mudah menurun, risiko berbagai penyakit mudah menyerang dan konsentrasi pikiran terganggu.

    Menopause / Bertambahnya Usia

    Untuk alasan selanjutnya yang menyebabkan lemak berkumpul di perut dan buncit adalah menopause atau bertambahnya usia. Michael Jensen, MD, seorang profesor medicine di Mayo Clinic's endocrinology division mengungkapkan bahwa ketika seorang mengalami pertambahan usia apalagi saat mendekati menopause, ia akan sangat rentan mengalami perubahan berat badan. Ia juga memungkinkan mengalami penumpukan lemak di tubuh. Terlebih, ketika ia tidak bisa menjaga pola makan, tidak memiliki olahraga yang cukup dan tidak memiliki istirahat cukup.

    Pengaruh Hormon

    Mengenai alasan ke empat kenapa lemak bisa berkumpul di perut dan sebabkan buncit adalah karena adanya pengaruh hormon. Beberapa orang dikatakan memiliki hormon khusus yang sering kali menyebabkan gemuk, lemak menumpuk di tubuh juga perut buncit. Hormon ini bisa saja merupakan hormon turunan yang diturunkan oleh keluarga atau orang tua.


Ladies, itulah beberapa alasan kenapa lemak sering kali berkumpul di perut dan menyebabkannya menjadi buncit. Selain asalan di atas, sebenarnya ada alasan lain kenapa perut menjadi buncit. Alasan lain tersebut antaranya adalah olahraga yang salah, adanya risiko PCOS atau sindrom ovarium polikistik dan kebiasaan tidur setelah makan. Agar bisa terhindar dari perut buncit, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup sehat, olahraga teratur lagi benar dan miliki istirahat yang cukup.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading