Sukses

Beauty

Step by Step Mencuci Sweater Agar Tidak Gampang Melar & Rusak

Punya koleksi sweater? Salah satu tantangan jika punya banyak baju berbahan wol ini mungkin saat mencucinya. Tak seperti kaos dengan bahan katun, sweater umumnya lebih rentan melar dan rusak jahitannya jika kamu mencuci dengan cara yang salah.

Nah, untuk menjaga sweater tetap awet dan tak mudah melar atau rusak jahitannya, ini yang bisa kamu terapkan saat mencuci sweater.

    Pisahkan dari bra atau pakaian dengan pengait

    Jika kamu ingin sweater tak mencuat jahitannya, jangan mencampur sweater dengan pakaian dalam seperti bra. Besi pengait pada bra bisa mencabut jahitan dan membuat sweater rusak. Begitu pula dengan celana atau baju lainnya yang kemungkinan punya pengait atau ujung-ujung runcing.

    Rendam dalam sabun air hangat

    Siapkan air hangat secukupnya dan tuang detergen. Rendam sweater di dalam air sabun kurang lebih 20 menit. Jangan mencucinya di dalam mesin cuci. Kucek-kucek pelan, jangan menarik terlalu keras dan mengangkat sweater penuh air berkali-kali saat mencuci.

    Buang air sabun dan jangan diperas

    Saat meniriskan sweater dari sabun, jangan memeras hingga sweater berkerut dan kering. Agar tak melar, cukup remas-remas bagian yang basah. Setelah itu, masukkan ke dalam air bersih, ulangi dua kali.

    Peras di mesin cuci

    Kamu bisa memanfaatkan mesin pemeras baju pada mesin cuci. Jangan menggunakan pengering karena suhunya bisa merusak sweater. Cukup diperas saja.

    Angin-anginkan hingga kering

    Setelah cukup kering, pasang gantungan baju dari bawah sweater, jangan dari kerahnya. Kerahnya akan mudah melar jika kamu pasang gantungan dari bagian leher ini. Angin-anginkan hingga kering.

Itu dia tips mencuci sweater agar tak mudah melar dan rusak jahitannya. Semoga bermanfaat ladies.  

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading