Sukses

Beauty

13 Oktober: No Bra Day, Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara

Bulan Oktober adalah bulan kesadaran akan bahaya kanker payudara. Maka jangan heran jika kamu menemukan banyak pita pink menghiasi outlet-outlet, makin banyak konten tentang kanker payudara serta kegiatan yang berkaitan dengan kesadaran akan kanker payudara. Salah satu kegiatan yang rutin diadakan di seluruh dunia adalah No Bra Day pada tanggal 13 Oktober.

Tenang, ladies! Acara ini tidak memaksa kamu melepas bra atau melepas pakaianmu di pinggir jalan. Memang faktanya.. ada beberapa negara yang merayakan kegiatan ini, beberapa wanita tanpa paksaan siapapun bersedia tidak memakai bra selama 1 hari di tanggal 13 Oktober sebagai bentuk dukungan pada penderita kanker payudara. Namun, kamu tidak harus mengikutinya, sebab inti dari perayaan ini adalah meningkatkan kesadaran akan kanker payudara.

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan tim vemale.com, masih banyak wanita yang belum memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuhnya, terutama bagian payudara. Bagian tubuh yang spesial dimiliki wanita ini selalu berubah seiring bertambah usia dan faktor lain seperti kehamilan/menyusui. Namun, sudahkah kamu rutin memeriksa payudara sendiri setiap bulan?

Data yang kami dapat dari Rumah Sakit Onkologi Surabaya, ada 3 keterlambatan yang sering terjadi: 

  1. Keterlambatan pasien (patient delay)
  2. Keterlambatan dalam sistem kesehatan (referral delay)
  3. Keterlambatan patient mendapat perawatan (treatment delay)

Padahal, semakin cepat deteksi kanker sejak dini, semakin besar faktor kesembuhannya. Dengan kecanggihan teknologi, memiliki kanker payudara bukan berarti harus kehilangan payudara. Maka jangan tunda pemeriksaan sendiri di rumah setiap bulan. Berdiri di depan cermin, raba, lakukan gerakan SADARI. Jika kamu menemukan bentuk payudara yang berubah (ada guratan/ruam, kulit masuk ke dalam, benjolan, keluar cairan dari puting padahal tidak hamil/menyusui) atau perubahan lainnya, segera datangi klinik kesehatan, jangan ditunda!

Yang paling tahu tubuhmu adalah dirimu sendiri, maka periksalah secara rutin.

Oke! Semoga informasi singkat ini bisa meningkatkan kesadaranmu akan kesehatan payudara. Tidak mau ikut No Bra Day? Tidak apa-apa, yang penting kamu semakin sayang dengan tubuhmu dan tidak takut memeriksakan payudara ke klinik kesehatan jika menemukan perubahan yang terjadi.

Take care, ladies!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading