Sukses

Beauty

Kecoak, Serangga Ini Bisa Menggigit Bahkan Menimbulkan Penyakit

Keberadaan kecoak di rumah memang sering bikin sebal dan jengkel. Serangga yang satu ini pun kerap membuat kita jijik sendiri. Herannya lagi meski kita yakin rumah sudah dalam keadaan bersih, kadang kecoak masih terus saja berkeliaran.

Tahu nggak kalau kecoak ini bisa menggigit? Parahnya lagi, keberadaannya bisa menimbulkan penyakit. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak infonya di sini.

    Kecoak Bisa Mengotori Makananmu

    Kecoak bisa makan apapun untuk bertahan hidup. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, saat mencari makanan kecoak juga bisa mengotori makananmu dengan buang air besar di atasnya. Air liur dan cairan yang keluar dari sistem pencernaannya juga bisa mengotori makananmu. Kecoak juga pembawa bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan tifoid.

    Kecoak Juga Bisa Menggigitmu

    Meski kasusnya jarang, tapi kecoak ternyata bisa menggigit manusia di jempol, area kuku, dan bagian tipis kulit manusia. Gigitan kecoak ini pun bisa menyebabkan luka. Dan yang paling mengganggu lagi adalah ketika kecoak merambati hidung dan telinga saat kita sedang tidur, iyuh!

    Kecoak Bisa Menyebabkan Alergi dan Asma

    Air liur kecoak bisa mengandung ratusan alergen yang dapat memicu reaksi alergi. Dampaknya bisa menimbulkan ruam-ruam di kulit, membuat mata berair, dan bersin-bersin. Kalau kamu memiliki penyakit asma, gejalamu bisa makin parah ketika terkena alergen kecoak ini. Orang yang sehat pun bisa berisiko kena asma kalau populasi kecoak sangat banyak.

    Kecoak Bisa Membawa Staphylococcus Pneumoniae

    Apa itu Staphylococcus Pneumoniae? Staphylococcus Pneumoniae merupakan salah satu jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Staphylococcus Pneumoniae ini juga bisa menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak dan menyebabkan komplikasi lain seperti gangguan keseimbangan, demam, dan sakit telinga. Pada orang dewasa, Staphylococcus Pneumoniae bisa menyebabkan batuk-batuk, demam, sakit dada, dan gangguan pernapasan.

Kecoak juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit lain. Karena kecoak bisa membawa bakteri e. coli, shigella, dan jenis cacing bulat lainnya, maka ia bisa menimbulkan penyakit seperti muntah-muntah, diare, dan sakit perut. Jadi, usahakan rumahmu bebas dari kecoak, ya Ladies.

Selain menjaga kebersihan, penting untuk memastikan tak ada saluran air yang bocor. Bisa juga pasang jebakan atau secara berkala gunakan pemusnah serangga untuk membunuhnya. Pokoknya kita perlu lebih waspada lagi soal keberadaan kecoak ini.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading