Sukses

Beauty

Haid Dua Kali dalam Sebulan? Mungkin Ini Penyebabnya

Pernah nggak mengalami siklus haid yang lain dari biasanya? Kalau biasanya haid sekali dalam sebulan, eh ini bisa sampai dua kali haid dalam sebulan. Wah, kira-kira kenapa ya?

Penyebab seorang wanita mengalami haid dua kali dalam sebulan ada bermacam-macam. Mulai dari ketidakseimbangan hormon sampai karena kondisi penyakit tertentu. Selengkapnya, mari ikuti infonya di bawah ini.

    Siklus Haid yang Memang Tak Teratur

    Jika memang dari awal sudah memiliki siklus haid yang tak teratur, maka ada kemungkinan besar bisa mengalami haid dua kali dalam sebulan. Jika seorang wanita mengalami haid setiap tiga kali seminggu misalnya, ada kemungkinan jadwal yang agak maju atau mundur membuatnya haid di awal bulan dan akhir bulan. Dan hal ini masih bisa dibilang dalam tahap normal.

    Pubertas

    Bagi gadis yang masih puber, hal yang normal jika siklusnya tak bisa teratur. Bisa haid dua kali dalam sebulan. Tapi bisa juga malah baru haid satu kali dalam waktu tiga bulan.

    Ketidakseimbangan Hormon

    Ketidakseimbangan hormon seperti gangguan tiroid bisa mengganggu siklus haid wanita. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, hal ini biasanya terjadi saat wanita mengalami menopause. Jadi jika sering mengalami haid dua kali dalam sebulan, ada kemungkinan akan mengalami menopause.

    Tumbuhnya Jaringan Tak Normal

    Haid dua kali dalam sebulan juga bisa tanda tumbuhnya jaringan yang tak normal di rahim, seperti fibroid dan kista. Jaringan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman juga rasa sakit. Termasuk mengganggu siklus haid.

    Penebalan Dinding Rahim

    Penebalan dinding rahim yang tak normal bisa menyebabkan wanita mengalami haid dua kali dalam sebulan. Penebalan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti ketidakseimbangan hormon dan konsumsi estrogen.

Selain kemungkinan penyebab di atas, hal-hal lain yang menyebabkan seorang wanita mengalami haid dua kali dalam sebulan, antara lain perubahan berat badan yang ekstrem, olahraga berat, stres, dampak penggunaan kontrasepsi, dan gangguan penyakit atau akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Kalau haid yang dirasakan disertai dengan gejala-gejala yang tak biasa seperti darah yang keluar sangat banyak dan disertai sakit perut yang parah, segera hubungi dokter ya. Dapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari ahlinya.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading