Sukses

Beauty

Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit

Sering nggak percaya diri dengan kondisi perut buncitmu? Sudah melakukan banyak cara tapi nggak bisa langsing juga? Hm, coba cek lagi soal kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu lakukan ini.

Ada sejumlah kebiasaan yang sering kali kita lakukan yang ternyata bisa jadi penyebab utama perut buncit. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terlihat sepele tapi ternyata dampaknya bisa sangat negatif untuk kesehatan. Yuk, coba cek lagi.

Mager (Males Gerak)
Nggak pernah olahraga dan malas bergerak aktif bisa jadi penyebab perut buncit. Seperti yang dilansir oleh interesticle.com, penting untuk memiliki otot yang kuat untuk membantu tubuh bisa membakar lemak dan kalori dengan lebih efisien. Jadi, kalau ingin terhindar dari "ancaman" perut buncit, lakukan olahraga minimum 30 menit selama 3 sampai 5 kali seminggu.

Terlalu Banyak Makan yang Manis-Manis
Ada kaitan yang erat antar konsumsi gula, resistensi insulin, dan penumpukan lemak perut. Karena gula darah tinggi bisa menyebabkan resistensi insulin maka penting untuk membatasi konsumsi gula. Batasi konsumsi minuman bersoda dan berpemanis buatan. Kalau minum jus buah, tak perlu menambahkan gula atau pemanis lagi.

Batasi juga konsumsi makanan penutup seperti cake dan es krim. Sekalipun rendah lemak, kandungan gulanya bisa tetap tinggi. Sebagai gantinya bisa konsumsi yogurt atau cukup minum air putih saja setelah makan.


Makan Saat Sedang Stres
Kamu sering melampiaskan stresmu dengan makanan? Hal ini bisa berisiko tinggi dan menyebabkan perut buncit. Saat sedang stres, hormon kortisol bisa meningkat yang kemudian berdampak bisa sebabkan perut buncit. Apalagi kadang saat sedang stres, emosi jadi tak terkendali sehingga sulit untuk mengendalikan nafsu makan.

Saat sedang stres, coba lakukan aktivitas dan hobi yang kamu sukai. Bahkan olahraga ringan seperti jalan kaki saja sudah bisa bantu redakan stresmu sekaligus membakar sejumlah kalori dalam tubuh. Hal ini tentunya lebih sehat daripada melampiaskan stres dengan makanan, ya nggak?

Makan Menjelang Tidur Malam
Hayo, masih suka makan menjelang tidur malam? Kita disarankan untuk tidak makan apa-apa dalam kurun waktu 2 jam menjelang tidur malam. Karena di malam hari saat akan tidur, sistem pencernaan tubuh tidak bisa mencerna semua makanan yang masuk dengan efisien.

Mengabaikan Pentingnya Tidur Cukup
Kurang tidur memang efeknya bakal gampang ngantuk. Eh, tapi ternyata dampaknya bukan itu saja. Tubuh kita bisa memproduksi lebih banyak hormon kortisol saat kita tak mendapat tidur yang cukup. Kadar kortisol yang tinggi ini bisa menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Akhirnya makan jadi tak terkendali dan bisa kebablasan sehingga bikin perut buncit.

Nah, Ladies kalau nggak ingin punya perut buncit, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas ya. Selalu jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading