Sukses

Beauty

Penting, Inilah 4 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan

Bisa dipastikan bahwa setiap orang menguap. Menguap sendiri merupakan hal umum yang dialami semua orang mulai bayi hingga orang dewasa. Biasanya, menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita melihat orang lain sedang menguap, kita pun juga akan ikut menguap. Bahkan, ketika orang yang kita lihat sedang menguap hanyalah sebuah foto. Ya, misalnya saja foto ini.

Menguap bisa menular. Tapi ia juga punya banyak manfaat buat kesehatan | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Gimana, apakah kamu juga tertular ingin menguap juga. Coba perhatikan baik-baik gambar tersebut dan resapi. Maka, kamu pun akan ikut menguap. Hmmm, apakah hal ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi? Tak perlu khawatir Ladies, ini adalah sebuah hal yang sangat wajar terjadi. Tak perlu takut juga karena dikutip dari laman prevention.com, menguap sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat buah kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari menguap antara lain adalah sebagai berikut.

    Meningkatkan Suplay Oksigen

    Saat kita menguap, maka paru-paru akan terisi oleh oksigen yang kita hirup dari luar. Saat ini, keberadaan karbondioksida dalam paru-paru pun akan dibuang. Menguap juga akan menyuplay kebutuhan oksigen yang lebih banyak dalam tubuh sehingga tubuh pun akan tetap terjaga serta sehat. Saat kita berada di tempat tertutup lagi banyak orang, hal ini akan membuat kita lebih sering menguap. Ini terjadi karena saat itu kandungan karbondioksida dalam tubuh lebih banyak sehingga kita pun perlu oksigen yang lebih banyak. Dengan menguap, hal ini akan bantu tubuh dapatkan suplay oksigen cukup.

    Meningkatkan Rasa Empati

    Bagi kamu yang sering merasa emosi dan marah, cobalah menguap. Menguap akan membuat perasaan menjadi lebih empati, tenang dan menurunkan emosi. Menguap juga akan membuat perasaan kasih sayang lebih meningkat. Jelas bahwa menguap sangat sehat baik buat kesehatan fisik maupun psikis.

    Melemaskan Otot

    Tak hanya menyuplay oksigen dan meningkatkan empati, menguap juga sangat mungkin membuat otot di tubuh lebih renggang dan lemas. Secara tidak langsung, menguap juga akan membuat tubuh lebih rileks dan nyaman karena oksigen yang ada di tubuh pun telah meningkat. Dengan menguap, hal ini juga akan bantu kita memiliki pendengaran yang baik karena telah terjadi peregangan otot di sekitar wilayah gendang telinga.

    Mendinginkan Otak

    Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton University dan University of Arizona menemukan bahwa menguap adalah salah satu aktivitas yang bisa bantu mendinginkan otak. Menguap, juga telah menjadi salah satu aktivitas yang berfungsi sebagai obat alami dari masalah migrain atau pusing. Ketika seseorang berada di suatu tempat yang dingin, hal ini akan membuatnya lebih sering. Ini terjadi karena suhu tubuh dan otak lebih panas dari suhu udara yang ada. Untuk mendinginkannya, menguap adalah solusi termudah dan terbaiknya.

Ladies, itulah beberapa manfaat dari menguap. Tapi, selain menunjukkan beberapa manfaat sehat, kebiasaan menguap terlalu berlebihan justru menandakan ada sesuatu yang salah dalam kesehatan kamu. Intensitas menguap yang terlalu banyak bisa saja menandakan bahwa tubuh kamu sangat kelelahan atau ada indikasi risiko beberapa penyakit tertentu. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading