Sukses

Beauty

Kalap Ngemil Bahaya Buat Kesehatan, Ini Cara Mengatasinya

Ngemil kerap jadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan wanita. Meski perut sudah kenyang, rasanya mulut masih ingin terus mengunyah. Akibatnya, kita jadi kalap ngemil dan tak lagi peduli dengan dampak negatif yang mungkin akan ditimbulkannya.

Kebanyakan ngemil bisa membuat kita berisiko terkena obesitas. Belum lagi jika camilan yang kita nikmati mengandung banyak gula dan pemanis buatan, dampaknya jelas buruk untuk tubuh. Penting sekali untuk mengendalikan nafsu makan dan menahan diri untuk tidak terus ngemil. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya.

Kurangi Porsi Camilan Sedikit demi Sedikit

Kenapa perlu dikurangi atau dibatasi sedikit demi sedikit? Agar kita bisa lebih mudah mengendalikan nafsu makan. Karena kalau kebiasaan ngemil langsung dihilangkan sama sekali, efeknya nantinya kita malah bisa makin kalap dan makan banyak camilan saat rasa lapar melanda.

Usahakan juga untuk selalu membaca kandungan atau komposisi dari camilan yang kita konsumsi. Perhatikan kandungan gulanya. Dan sebaiknya hindari juga yang mengandung pemanis dan pewarna buatan.

Minum Air Putih

Saat merasa ingin makan yang manis-manis, coba minum segelas air putih. Karena biasanya hasrat ngemil yang manis-manis itu salah satu tanda tubuh sedang dehidrasi.

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com,hasrat ingin ngemil yang manis-manis juga bisa jadi tanda tubuh yang lelah. Jadi, kalau kamu sering merasa makin susah mengendalikan hasrat untuk ngemil yang manis-manis, segera luangkan waktu khusus untuk rileks dan istirahat.

Olahraga

Olahraga juga bisa jadi cara terbaik untuk mengurangi hasrat ngemil yang manis-manis. Karena hormon endorfin yang diproduksi tubuh saat kita sedang olahraga bisa bantu mengendalikan nafsu makan kita.

Batasi Konsumsi Kafein

Tahukah kalau kopi bisa meningkatkan kadar gula darah? Jadi tak heran kalau setelah minum kopi kita jadi ingin makan yang manis-manis. Nah, agar tak gampang tergoda untuk makan yang manis-manis, sebisa mungkin batasi konsumsi minuman yang berkafein.

Kalau memang keinginan ngemil susah dikendalikan, alternatifnya adalah memilih jenis camilan yang sehat seperti buah-buahan. Atau bisa juga diimbangi dengan melakukan olahraga rutin dan mengatur pola makan sehat. Kesehatan adalah aset terpenting dalam hidup kita. Jadi, yuk mulai biasakan pola hidup yang lebih sehat dari sekarang.

(vem/nda)
;
Loading