Sukses

Beauty

Lakukan Diet Mudah, Ini Yang Dilakukan Tika Hingga Turun 12 Kg

Saat melakukan program diet, pasti setiap orang bertujuan membuat tubuhnya ideal. Padahal sebenarnya diet dapat membuat tubuh lebih sehat. Inilah yang membuat wanita cantik bernama Tika memutuskan untuk melakukan diet di awal tahun 2016.

"Awalnya karena sering ke dokter kandungan setiap bulan, karena memang saya sedang program untuk mendapatkan momongan. Sejak Mei 2015 hingga akhir 2015 itu, berat badan saya terus naik hingga mencapai 81 kg dari sekitar 65 kg," ujar Tika.

Dari situlah wanita yang kini berhijab ini mulai teratur minum mix jus yang dibuatkan oleh sang bunda. Mix jus tersebut berbahan wortel, apel, dan jeruk. Caranya dengan masukkan 1 buah wortel dan 1 buah apel ke dalam slow juicer. Dan yang terpenting jangan diberi air dan gula. Setelah mendapat sarinya, tuang di gelas, lalu peras 1 buah jeruk. Minum setiap hari satu kali saja. Mudah bukan ladies?

Tika menambahkan, sebenarnya tujuan dietnya tidak lain untuk hidup sehat, itu saja. Sebab dokternya pun tidak menuntut untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan momongan cepat. "Saya sadar harus benar-benar belajar mulai hidup sehat," tambahnya.

"Berat badan awal itu sekitar 65 kg. Terus naik sekitar 81 kg. Tinggi badan sekitar 163. Sekarang sudah turun, berat badan jadi 69 kg. Masih kurang sekitar 8 kg lagi. Kalau ditotal saya sudah turun berat badan sekitar 12 kg dengan program yang dijalankan sejak Januari 2016," paparnya.

Sebelum diet berat badannya terus naik/ copyright by Tika

Pola diet yang diterapkan Tika pun tidak terlalu berat, hanya membatasi makan dan melakukan olahraga sesuai kebutuhannya saja.

"Saya tidak terlalu melakukan program diet. Kalau olahraga hanya jalan kaki saja tidak terlalu berat karena saya sangat sadar jika berlari belum terlalu kuat. Pola makan yang diterapkan sebisa mungkin tidak terlalu banyak karbohidrat dan daging. Mulai dibiasakan makan sayur dengan porsi yang lebih banyak dan buah. Saya juga sudah jarang sekali makan bebek goreng. Karena menurut saya, ini adalah makanan yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi," imbuhnya.

Kesulitan pasti dirasakan bagi mereka yang menjalankan diet, begitu pun dengan Tika. Menurutnya, hal yang sangat sulit dirasakan ketika ia tidak bisa mengonsumsi makanan seperti gorengan yang dijual di pinggir jalan, atau menahan diri makan pecel ayam dan pecel lele yang ada di pinggir jalan.

Ini adalah makanan favoritnya dahulu, apalagi ketika teman-temannya suka menawarkan jajan gorengan. Namun dengan tekad yang bulat dan membiasakan diri, sekarang ia sudah tidak makan lagi. Bisa dihitung jari berapa banyak ia makan gorengan dan pecel ayam dan lele dalam satu tahun.

Setelah menjalani diet, berat badannya perlahan turun/ copyright by Tika

Selain makanan, ia membiasakan diri untuk selalu minum air mineral. "Sudah satu tahun belakangan ini saya menghindari minuman kemasan. Mungkin sesekali saja dalam satu bulan, tidak setiap hari. Karena saya sangat sadar, di dalam minuman kemasan terdapat kandungan glukosa yang tinggi. Ini juga bisa mengakibatkan berat badan menjadi naik," tuturnya.

Mengurangi konsumsi gula pun menjadi caranya untuk menjaga kesehatan. Mulai membiasakan diri dengan minum teh tawar, air jeruk tidak pakai gula, dan hanya air mineral. "Ini menurut saya sangat efisien. Saya merasa tidak terlalu kenyang atau perut terlalu begah setelah makan," ujarnya.

Manfaat lainnya yang dirasakan Tika, selain bobot tubuhnya menurun adalah baju dan celana yang dahulu tidak muat sekarang sudah mulai muat. Yang paling penting adalah memulainya dengan hal kecil. Karena dengan kebiasaan kecil nantinya akan berdampak besar jika dijalankan dengan gaya hidup sehat.

"Saya merasa belum maksimal, namun tahun ini semoga olahraga bisa terus ditingkatkan dan lebih teratur. Tetap semangat," tutupnya.

Wah, boleh dicoba juga nih cara diet Tika yang cukup sederhana ini ladies, jika kamu punya tujuan diet yang sama. Tak perlu harus ngotot, jalani saja prosesnya dengan menyenangkan.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading