Sukses

Beauty

7 Tips Simpel Bakar Kalori Buat Kamu yang Nggak Sempat Olahraga

Karena kesibukan dan padatnya jadwal aktivitas sehari-hari, kadang kita tak sempat untuk olahraga. Padahal kita butuh olahraga untuk membakar kalori sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Nah, kalau nggak sempat olahraga, apa yang harus dilakukan?

Ternyata ada sejumlah aktivitas simpel yang jika dilakukan bisa bantu bakar kalori. Bahkan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan atau rutinitas harianmu yang padat. Selengkapnya, langsung saja kita ikuti tips-tipsnya di bawah ini.

    Mengunyah Permen Karet

    Ingin bisa membakar kalori sambil duduk? Coba kunyah permen karet. Seperti yang dikutip oleh nejm.org, ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet selama satu jam  bisa membakar 11 kalori. Pilih permen karet yang bebas gula, ya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

    Menggerak-Gerakkan Tubuh Saat Duduk

    Saat duduk, kamu juga bisa bakar kalori. Caranya? Gerak-gerakkan tubuhmu. Menurut Fitness Blender, jumlah kalori yang dibakar bisa bervariasi tergantung dari seberapa sering kita menggerakkan tubuh. Kita bisa melakukan peregangan otot, mengubah-ubah posisi duduk, atau mengetuk-ngetukkan kaki saat duduk untuk membakar kalori tubuh.

    Berciuman

    Buat kamu yang sudah menikah, ada kabar gembira nih. Ternyata setiap kali berciuman bisa membakar 16 kalori menurut Andréa Demirjian, penulis Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life's Sweetest Pleasures. Semakin bergairah ciumannya maka kalori yang terbakar akan makin banyak. Ehm.

    Tertawa

    Tertawa bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan seperti mengurangi tekanan otot, mengeluarkan endorfin, dan membakar kalori. Seperti yang dikutip oleh nature.com, ada penelitian yang menyebutkan bahwa tertawa bisa meningkatkan pelepasan energi sebanyak 10 hingga 20 persen. Artinya? Tertawa selama 10 menit bisa bantu membakar 10 hingga 40 kalori. Wah, menarik sekali ya.

    Jalan Kaki di Permukaan yang Berbeda-Beda

    Permukaan jalan yang kita lalui bisa memberi perbedaan pada jumlah kalori yang dibakar. Mark Fenton, penulis The Complete Guide to Walking for Health, Weight Loss, and Fitness memperkirakan kita bisa membakar lima persen kalori dengan jalan di permukaan berpaving dibandingkan jalan di atas treadmill. Dengan kata lain, jalan kaki di permukaan yang tak rata bisa membakar lebih banyak kalori daripada jalan kaki di atas permukaan yang rata.

    Memasak

    Kegiatan menyiapkan masakan, merajang bahan masakan, dan memasak yang dilakukan selama 45 menit bisa bantu membakar 102 kalori. Kalaupun nggak sempat olahraga, sempatkanlah memasak masakan sendiri di rumah. Lebih terjamin kualitas dan bahannya serta bisa bantu bakar kalori tubuh.

    Meditasi

    Ada info yang dijamin bakal bikin kamu tercengang. Menurut Fit Watch, kamu bisa membakar 1 kalori setiap 1 menit meditasi tergantung berat badanmu. Coba cari tempat yang tenang, duduk, lalu rilekskan tubuh serta pikiran. Efeknya bisa bikin kamu lebih tenang sekaligus membantu proses pembakaran kalori tubuh.

Ternyata ada banyak variasi aktivitas dan kegiatan yang bisa membantu proses pembakaran kalori tubuh, ya. Imbangi pula dengan menjaga pola makan sehat dan gaya hidup sehat untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading