Sukses

Beauty

Glycolic Acid: Pengertian dan Manfaatnya untuk Memperbaiki Kulit

Ketika menggunakan produk untuk merawat kulit, sebenarnya penting bagi Anda untuk mengetahui 'isi' produk tersebut. Apakah tepat penggunaannya? Sesuaikah dengan jenis kulit? Seberapa ampuh kandungan produk tersebut mengatasi masalah kulit Anda? Dengan mencari tahu kandungan produk, Anda sebenarnya bisa 'mengukur' efektivitasnya. Nah, kandungan yang paling sering digunakan dalam produk skin care adalah acid atau asam. Setidaknya, ada 6 acid yang biasa digunakan dalam produk skin care, seperti hyaluronic acid, salicylic acid, hingga glycolic acid.

Baca Juga: Mengenal AHA dan BHA, Kandungan Aktif Dalam Produk Eksfoliasi

Kalau Anda teliti, glycolic acid ini banyak terkandung dalam beberapa produk kecantikan lho. Acid ini bisa ditemui dalam produk perawatan jerawat, produk anti-aging, hingga produk eksfoliasi. Mau tahu lebih banyak tentang glycolic acid? Baca terus artikel ini ya!

Efektivitas Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan bentuk lain dari Alpha Hydroxy Acid (AHA). Acid ini bisa diperoleh secara alami dari gula, susu, dan buah. Asam glikolat ini banyak digunakan sebagai bahan untuk peremajaan kulit dengan mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus, flek-flek hitam, dan noda bekas jerawat. Asam glikolat juga dapat merangsang regenerasi sel-sel baru dan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain fungsi peremajaan kulit, asam glikolat juga dikenal efektif sebagai bahan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Asam glikolat umumnya bekerja dengan mengelupas lapisan kulit sel kulit mati. Dengan begitu, sel kulit mati yang menyumbat pori akan terkikis dan sel kulit yang baru akan menggantikannya. Efeknya, tentu saja tekstur kulit yang lebih halus dan lebih cerah. Karena glycolic acid juga merangsang kinerja kolagen, kulit pun tentunya akan lebih kenyal dan kencang.

Amankah Menggunakan Produk Dengan Kandungan Glycolic Acid?

Yang namanya pengelupasan kulit, mungkin terdengar seram. Namun, Anda tak perlu khawatir. Umumnya, produk dengan kandungan asam glikolat menggunakan konsentrat dalam batas aman, yaitu 5 - 8%. Karena hanya bekerja di lapisan kulit, asam glikolat pun cenderung tak akan diserap dan masuk dalam jaringan tubuh, seperti halnya retinoic acid atau hydroquinone. Asam ini cenderung aman digunakan, bahkan oleh ibu hamil dan menyusui.

Tapi sebagai permulaan, sebaiknya gunakan produk dengan kadar asam glikolat yang rendah. Meski aman, kandungan ini tetap memiliki kemungkinan mengiritasi kulit untuk beberapa orang. Jadi, ketika kulit sudah 'terbiasa' dengan kadar asam glikolat yang digunakan, Anda bisa menggunakan skin care dengan tingkat konsentrat yang lebih besar. Pastikan saja, konsentratnya masih dalam ambang aman. Asam ini juga memiliki kemungkinan meningkatkan kesensitifan kulit terhadap sinar matahari. Karena itu, ada baiknya Anda mengaplikasikan tabir surya setiap hari jika menggunakan produk yang mengandung asam glikolat.

Baca Juga : produk makeup multitasking + Anti Aging

Article powered by: Beauty Journal Sociolla

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Faux Freckles, Tren Makeup yang Harus Anda Coba!
Artikel Selanjutnya
Temukan Manfaat Green Tea untuk Wajah Awet Muda