Sukses

Beauty

Diet Sehat? Pastikan Turun Tidak Lebih Dari 2 Kg Per Bulan Ya!

Ladies, memiliki tubuh langsing memang menjadi dambaan setiap orang, apalagi bagi para wanita. Sebab memiliki tubuh ideal dapat membuat kita lebih percaya diri dalam setiap penampilan. Segala cara pun dihalalkan untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan.

Salah satu cara melangsingkan tubuh adalah dengan melakukan diet. Sayangnya, cara diet yang dilakukan masih salah atau tidak sesuai dengan aturan karena ingin bobot tubuhnya dengan cepat berkurang.

Padahal, menurut ahli gizi, Winda Ekayanti, dalam sebulan kamu hanya diperbolehkan menurunkan berat badan 2kg saja. "Memang banyak yang mau cepet turun berat badannya jadi ngelakuin diet yang salah, alhasil malah nggak dapet nutrisi. Jadi diet yang benar itu jika dalam seminggu hanya menurunkan setengah kilo saja. Jadi dihitung-hitung sebulan hanya boleh menurunkan berat tubuh 2kg, lebih dari situ sangat berbahaya," ungkap Winda saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Jika melebihi dari 2kg dalam sebulan, dikhawatirkan tubuh akan kembali seperti semula. Nah percuma saja kan ladies? Untuk itu kamu harus mengikuti program diet yang benar seperti menjaga pola hidup, olahraga teratur, dan makan-makanan berprotein.

Winda Ekayanti - copyright by Vemale.com/Anisha

"Ada anggapan, nggak usah pakai olahraga pasti turun, itu salah besar. Diet kalo menurunkan berat badan seminggu bisa 10kg seminggu malah kamu patut hati-hati. Harusnya kamu dapet nutrisi dua karung, ini malah satu karung saja. Soalnya tubuh juga butuh adaptasi, apa yang gampang hilang pasti cepet kembali, seperti berat tubuh," tambahnya.

Nah, banyak anggapan gluten tidak baik untuk program diet. Sebenarnya anggapan tersebut salah. Winda menjelaskan gluten ini baik bagi metabolisme tubuh, namun dengan porsi yang seimbang dengan protein, karbohidrat, dan mineral.

Kamu pun bisa merancang porsi makanan untuk diet, Winda menambahkan satu telapak tangan daging atau dada ayam, 100 gram atau satu ikat sayuran seperti pokcay.

"Serat bagus sekali untuk makanan diet sebab memiliki kandungan vitamin dan mineral jadi cepet kenyang ngga bikin gendut," tuturnya.

Selain itu, diet sehat bisa mengonsumsi umbi-umbian seperti singkong yang memiliki banyak karbohidrat, buah tidak usah terlalu banyak cukup dua buah saja, serta susu low fat. "Yang tidak biasa minum susu, kamu bisa membuat smoothies. Jika susu sebaiknya dua porsi sehari sebanyak satu liter," paparnya.

Dan terpenting, kamu harus mengurangi snack seperti gorengan, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan. Jika kamu ingin menggoreng, lebih baik gunakan yang memiliki sumber nabati seperti minyak kanola, sun flower, dan olive oil. Satu sendok teh saja untuk menumis.

"50 persen sayur, 25 persen karbo, 25 persen daging, olahraga tak perlu ekstra, cukup dengan jogging atau jalan kaki sekitar 30 menit. Tidak makan tiga jam sebelum tidur, inilah diet yang benar dan sehat,"tutup Winda.

(vem/asp/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Selama Pandemi dan Puasa Ramadan, Pertahankan Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin C
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Sarapan Pagi