Sukses

Beauty

Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Pakai Smartphone Sebelum Tidur

Ladies, apakah kamu punya kebiasaan mengecek smartphone sebelum tidur malam? Jika iya maka kamu harus segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Menggunakan ponsel alias smartphone secara intens sebelum tidur ternyata punya banyak sekali efek yang buruk untuk kesehatan tubuhmu. Berikut ini Vemale akan coba kupas satu persatu efek buruknya agar kamu semakin aware dan menghindari kebiasaan buruk ini Ladies.

 

  • Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone punya gelombang yang mampu mempengaruhi penglihatan. Menatap layar ponsel terlalu lama di malam hari sebelum tidur berpotensi merusak retina mata.
  • Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi.
  • Selain mempengaruhi tidur, kekurangan hormon melatonin akibat radiasi sinar ponsel juga akan mempengaruhi asupan antioksidan dalam tubuh. Kurangnya zat antioksidan yang diperlukan tubuh bisa berakibat kurang baik untuk tubuh dan memperbesar risiko terjadinya kanker prostat atau payudara.
  • Saat tidur terpengaruh, maka kinerja otak dan memori juga terpengaruh. Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otak akan terpengaruh sehingga kerjanya tak maksimal.
  • Melihat layar smartphone dalam kegelapan juga berakibat kurang baik untuk mata. Ini mampu menyebabkan mata jadi tegang dan sakit. Jika dilakukan terlalu lama secara permanen ini mampu merusak mata.

Ladies, sebisa mungkin jauhkan ponsel dari tempatmu tidur agar kamu bisa tidur dengan lebih berkualitas. Sekarang kamu memang masih belum merasakan efeknya, namun ada baiknya jika dicegah sedari dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading