Sukses

Beauty

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Konsumsi Ini Yuk!

Tahukah kalau darah tinggi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit lain, seperti diabetes, stroke, dan kolesterol? Kalau kamu punya penyakit darah tinggi atau anggota keluargamu memiliki riwayat darah tinggi, saatnya untuk lebih serius lagi menjaga pola makanmu sehari-hari. Karena pola makan dan semua yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatanmu.

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Efeknya memang tak instan atau seketika tapi setidaknya bisa membantumu untuk menstabilkan tekanan darah dan kesehatan harianmu. Selengkapnya, yuk cek infonya di bawah ini.

    Buah Pisang yang Kaya Nutrisi

    Pisang, buah yang satu ini ternyata bisa bantu menurunkan tekanan darah. Seperti yang dilansir oleh prevention.com, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada buah pisang seperti kalsium, magnesium, kalium, vitamin C dan beberapa nutrisi lain mampu menurunkan tekanan darah dengan sangat baik dan efektif. Kita bisa langsung memakan buahnya atau membuatnya sebagai jus buah untuk dikonsumsi sebagai usaha  untuk menurunkan tekanan darah.

    Buah Kiwi Segar

    Kandungan nutrisi di dalam buah kiwi seperti kalsium, magnesium, vitamin dan kalium dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Tak hanya itu saja, rasa buah kiwi yang manis dan nyaman di lidah juga dipercaya mampu membuat pikiran lebih tenang. Saat pikiran menjadi lebih tenang inilah, tekanan dalam darah juga akan menjadi lebih stabil. Ada baiknya untuk selalu menyediakan stok buah kiwi segar untuk dikonsumsi secara rutin.

    Sayur Brokoli

    Sayur brokoli juga diyakini memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain sangat enak, brokoli juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa anti kanker sulforafana (sulforaphane). Brokoli sendiri bisa dinikmati dengan dibuat sebagai sayur sop, direbus atau dikukus.

    Paprika Merah

    Paprika adalah salah satu makanan alami yang kaya akan manfaat sehat. Dan salah satu manfaat paprika adalah sebagai penurun tekanan darah tinggi. So, jika kamu punya risiko darah tinggi, jangan lupa untuk konsumsi paprika, ya? Lebih baik lagi adalah paprika merah.

Selain sayur dan buah di atas, ubi jalar juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Rasa manis dan gurih yang khas dari ubi jalar pastinya enak untuk diolah jadi berbagai jenis kudapan, ya. Direbus atau dikukus, ubi jalar bisa dinikmati secara rutin.

Ragam buah lain seperti buah belimbing, mentimun, buah alpukat, dan buah tomat juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan yogurt, bawang putih, biji bunga matahari, dan kentang juga bisa jadi sahabat terbaikmu untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading