Sukses

Beauty

Melamun dan Bermalas-Malasan Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

Karena pekerjaan, kesibukan, dan rutinitas yang padat, kita sering lupa atau nggak punya waktu untuk istirahat. Padahal istirahat itu penting agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Bahkan sesekali melamun dan bermalas-malasan itu bisa memberi efek positif, lho.

Mungkin agak aneh, ya. Memangnya apa manfaat melamun dan malas-malasan? Bukannya itu justru bikin kita makin nggak produktif? Eh, jangan salah. Kalau dilakukan sesekali sambil memanfaatkan waktu istirahat, manfaat yang kamu dapat bisa sangat besar.

Menstabilkan Kesehatan Mental dan Emosimu

Sering merasa nggak tenang atau malah jadi sering gampang tersinggung dan marah? Itu tandanya kamu butuh waktu untuk bersantai sejenak. Cobalah untuk bermalas-malasan sejenak, biarkan otot-otot tubuhmu rileks dan otak beristirahat.

Daya Kreativitas Bisa Meningkat dengan Melamun

Yups, kamu nggak salah baca. Melamun bisa membantu meningkatkan daya kreativitas. Seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com, Dr. Daniel J. Levitin menjelaskan bahwa otak kita punya dua fungsi utama: melakukan suatu pekerjaan dan melamun. Dan otak kita perlu melakukan satu fungsi dalam satu waktu sementara kita butuh kedua fungsi tersebut untuk membuat otak tetap berfungsi dengan baik.

Saat kita melamun dan melepaskan semua beban pikiran, otak kita membuat berbagai sambungan dari informasi yang bisa dibilang acak. Dan kita jadi terdorong untuk menemukan solusi-solusi kreatif. Itulah kenapa kadang kita bisa menemukan solusi suatu masalah ketika kita sedang duduk melamun atau sedang bersantai.

Bisa Kembali Bekerja dengan Lebih Optimal

Bermalas-malasan sejenak memanfaatkan waktu berlibur bisa memberi efek positif. Schwartz menuliskan sebuah penelitian tentang para pegawai Ernst and Young yang menyebutkan bahwa setiap 10 jam waktu liburan yang diambil para pegawai, evaluasi kinerja akhir tahun mereka meningkat sebanyak 8%. Waktu liburan yang diambil akan membuat otak terasa lebih segar dan ketika akhirnya kembali kerja, bisa lebih optimal dan terasa lebih ringan. Jadi, memang penting banget nih menyeimbangkan waktu bekerja dan berlibur.

Memberi kesempatan tubuh dan pikiran untuk bermalas-malasan sejenak bukan berarti membuang-buang waktu. Justru dengan cara ini, kamu bisa mengisi ulang energi untuk beraktivitas lebih optimal dan produktif ke depannya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading