Sukses

Beauty

Rutin Bangun Pagi Tanpa Begadang, Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu

Buat yang super sibuk dengan jadwal harian super padat, bangun pagi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Bagaimana bisa bangun pagi kalau hampir setiap hari lembur dan tidur larut malam. Padahal rutin bangun pagi bisa memberi perubahan yang besar pada tubuhmu.

Bangun pagi bisa memberi sejumlah dampak positif. Mulai dari membuat dirimu nggak gampang stres hingga bisa menjalani hari dengan lebih baik lagi. Selengkapnya, yuk kita bahas satu per satu di bawah ini.

Tubuh Lebih Segar dan Nggak Gampang Stres
Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, bangun kesiangan bisa berdampak buruk karena bisa meningkatkan stres dan membuat tubuh nggak sehat. Bangun kesiangan itu seperti membentuk lingkaran setan. Bangun kesiangan, kamu terburu-buru memulai harimu, jadwal jadi berantakan karena semua serba terburu-buru, jadwal makan juga rusak, kewalahan melakukan berbagai aktivitas, pulang ke rumah lagi sudah kecapekan tapi masih ada pekerjaan yang belum beres, akhirnya lembur dan begadang, dan keesokan paginya jadi bangun kesiangan lagi.

Sementara kalau bangun lebih pagi, kamu punya cukup waktu untuk melakukan semuanya dengan baik. Secara mental kamu siap menyambut hari dan lebih mudah mengatur waktu untuk melakukan aktivitas dengan seimbang.


Tubuh Bisa Terasa Lebih Berenergi
Bangun pagi, kamu bisa menghabiskan waktu beberapa menit untuk olahraga di bawah hangatnya sinar matahari pagi. Hal ini bisa memberi efek positif dan membuatmu lebih berenergi. Tubuhmu pun sudah siap untuk melakukan aktivitas dan jadwal padat sepanjang hari.

Pikiran Lebih Bahagia
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Emotion menyebutkan bahwa orang yang bangun pagi, rutinitas hariannya akan sejalan dengan terbit dan tenggelamnya matahari. Efek positifnya pikiran jadi lebih bahagia.

Emosimu Lebih Stabil dan Nggak Gampang Depresi
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychiatry and Clinical Neurosciences menunjukkan bahwa orang yang sering begadang tiga kali lipat berisiko lebih tinggi mengalami depresi daripada orang yang rutin bangun pagi.

Menurut para peneliti tersebut, orang yang hobi begadang rentan mengalami kecemasan dan diganggu pikiran-pikiran negatif yang bisa membuat mereka berisiko mengalami depresi. Bangun kesiangan akan memberi kesan hidup dan rutinitasmu di luar kendali. Sehingga jadi merasa kurang percaya diri untuk bisa menjalani hari dengan baik. Kepuasan menurun dan tidur jadi tidak nyenyak yang bisa memicu depresi.


Bisa Tidur Lebih Nyenyak
Bangun lebih pagi, maka nantinya kamu juga akan terdorong untuk tidur lebih awal. Tidak terlalu larut. Hal ini justru nantinya bisa membuatmu tidur lebih nyenyak.

Yuk, lebih rutin dan semangat bangun pagi lagi. Intinya adalah memastikan kamu tidur dengan cukup dan melakukan semua aktivitas dengan baik biar nggak gampang stres atau jatuh sakit.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading