Sukses

Beauty

Mata Kedutan? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

Mata kedutan memang sangat tidak nyaman. Bahkan kadang kita jadi panik dibuatnya. Kenapa mata kok tiba-tiba kedutan? Jangan-jangan ada masalah serius?

Well, penyebab mata kedutan itu bisa bermacam-macam Ladies. Pada dasarnya, seperti yang dikutip oleh brightside.me, mata kedutan terjadi akibat adanya kontraksi otot-otot mata. Biasanya cuma berlangsung sebentar, tapi ada juga yang berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulkan. Dan cara untuk mengatasinya juga beragam. Seperti cara-cara berikut ini.

Foto: copyright brightside.me

Istirahat Total
Mata kedutan bisa jadi tanda stres, khususnya bila kamu mengalami masalah pada penglihatanmu. Selain itu, penyebabnya bisa juga karena kurang tidur. Dan untuk mengatasinya, istirahat total adalah solusi terbaiknya. Coba luangkan waktu khusus untuk benar-benar istirahat untuk memulihkan kondisimu.

Menggunakan Obat Tetes Mata
Untuk yang satu ini, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter mata. Biasanya karena kebanyakan pakai komputer dan terlalu lama menggunakan kontak lensa, mata jadi kedutan. Kondisi mata yang kering bisa jadi penyebab mata kedutan. Salah satu cara untuk mengatasi mata kering adalah dengan menggunakan obat tetes mata.

Kalau kamu pengguna kacamata, mungkin kamu butuh kacamata baru. Gangguan mata sekecil apapun bisa membuat kerja mata jadi lebih berat. Seperti terlalu sering menatap layar komputer dan layar gadget yang bisa membuat otot-otot mata berkontraksi lebih keras. Untuk mencegah mata kedutan, coba ikuti tips ini. Setiap 20 menit sekali, fokuskan matamu pada objek yang jauh selama 20 detik. Dengan begitu, otot mata bisa lebih rileks dan terhindar dari mata kedutan.


Kurangi Konsumsi Kafein
Kalau kamu sering minum kopi atau minum minuman berkafein, coba kurangi konsumsinya. Karena konsumsi kafein bisa jadi penyebab mata kedutan. Selain itu, jangan konsumsi minuman beralkohol juga ya.

Satu lagi hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mata kedutan adalah menjaga pola makan sehat. Dengan pola makan sehat dan seimbang, tubuh bisa bekerja dengan optimal dan mata kedutan bisa dihindari. Tapi kalau kondisi mata kedutan berlangsung lama dan mulai mengkhawatirkan, segera hubungi dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat.

Semoga infonya bermanfaat, Ladies.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading