Sukses

Beauty

Berhenti Olahraga Rutin, Ini yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu

Sudah selesai dietnya, sudah langsing badannya, apakah harus berhenti olahraga? Kalau tadinya kamu sudah begitu rutin olahraga, jangan mendadak berhenti. Ketika kamu berhenti olahraga, tubuhmu akan mengalami sejumlah perubahan.

Ada sejumlah hal yang bisa terjadi pada tubuhmu saat kamu berhenti olahraga. Mulai dari tekanan darah hingga kondisi staminamu. Selengkapnya, langsung saja kita bahas satu per satu di sini.

    Tekanan Darah Naik

    Dikutip dari thehealthsite.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Applied and Basic Medical Research menyebutkan bahwa tekanan darah bisa naik saat kita berhenti olahraga. Tekanan darah menyesuaikan dengan gaya hidup yang lebih lambat, dalam sebulan kamu bisa melihat perubahan tekanan darah jadi lebih lebih tinggi.

    Berat Badan Naik

    Berhenti olahraga, otot-otot tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membakar lemak. Metabolisme tubuh pun akan melambat. Hal ini bisa berdampak pada naiknya berat badan.

    Moody atau Suasana Hati Nggak Stabil

    Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Psychiatry, tidak olahraga selama seminggu bisa membuatmu jadi gampang uring-uringan. Kamu juga bisa memiliki mood (suasana hati) yang naik turun atau tidak stabil.

    Otot Menggelambir

    Otot tubuh yang tadinya kencang bisa menggelambir begitu kamu berhenti olahraga. Kalau tadinya kamu rutin olahraga, lalu berhenti olahraga selama dua minggu, maka otot-otot tubuhmu bisa tak lagi sekencang sebelumnya.

    Stamina Menurun

    Dua minggu nggak olahraga, staminamu bisa menurun. Salah satu penyebabnya adalah karena kamu kehilangan mitokondria di dalam sel-sel otot yang berfungsi mengubah oksigen menjadi energi.

Kalau kamu sudah rutin berolahraga, terus pertahankan ya. Karena salah satu kunci menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tak lain adalah dengan olahraga rutin. Tetap semangat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading