Sukses

Beauty

Bukti Penelitian, Soda Jadi Sebab Utama Stroke dan Pikun

Sudah saatnya kamu lebih peduli dengan tubuh dan kesehatanmu. Kurangi segala macam makanan dan minuman manis, termasuk minum soda atau minuman berkarbonasi. Karena ternyata, soda bisa jadi pemicu utama serangan stroke dan demensia lho.

Menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Stroke dari American Heart Association's (AHA), pemanis buatan yang digunakan dalam minuman kemasan punya hubungan erat meningkatkan risiko serangan stroke dan demensia.

Dalam penelitian yang dilakukan April 2017 ini, peneliti meminta lebih dari 4 ribu partisipan menjawab pertanyaan tentang kebiasaan makan dan minum dan mengikuti selama sepuluh tahun.

Peneliti menemukan bahwa orang yang minum paling tidak satu porsi minuman manis kemasan ternyata punya risiko 3 kali lebih besar mengalami stroke atau mengembangkan kondisi demensia atau pikun.

Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's and Dementia dari Alzheimer's Association, bahwa mengonsumsi satu atau lebih minuman kemasan berpemanis buatan per hari mampu meningkatkan risiko mengalami Alzheimer, termasuk penurunan volume otak dan performa ingatan.

Bukan hanya karena soda tinggi kalori dan bisa membuatmu gemuk, nyatanya soda juga punya andil dalam memicu stroke dan gangguan ingatan. Jadi, mengapa harus mengorbankan kesehatanmu ketika kamu bisa hidup lebih baik tanpa minum soda?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading