Sukses

Beauty

3 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Telinga Mampet Saat Naik Pesawat

Perjalanan ke luar kota dan mengharuskanmu naik pesawat, seringkali kamu akan merasa telingamu mampet. Hal ini sangat umum, karena telinga mengalami tekanan udara sehingga membuat telinga tidak nyaman.

Ana Kim, MD, ahli otolaringologi ColumbiaDoctors Midtown dan profesor otolaringologi Columbia University Medical Center di New York menjelaskan bahwa bagian tabung di dalam telinga bernama eustachi yang mengatur tekanan udara yang masuk ke telinga lah yang mengalami gangguan.

Jika kamu mengalami infeksi sinus atau sedang pilek, gangguan telinga tersumbat ini bisa lebih parah dan bahkan terasa sakit. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa cara ini.

1. Tekan hidung dan hembuskan udara

Lakukan dengan perlahan saat menghembuskan udara ke hidung karena lubang hidung dalam keadaan tertutup. Pencet hidung dan hembuskan udara untuk memberi tekanan dari dalam tubuh.

2. Olahraga mulut

Gerak-gerakkan rahang mulut ke atas dan bawah atau memutar, menguap atau mengunyah lah agar telinga mendapat tekanan dari area mulut. Lakukan terus hingga terasa nyaman dan telinga tidak terasa mampet.

3. Minum obat decongestan

Obat-obatan semacam ini mampu mengurangi pembengkakan di hidung. Minum sebelum naik pesawat akan lebih baik karena efeknya butuh waktu untuk bekerja.

Jika masalah plugged ears ini tidak kunjung sembuh, bertahan beberapa jam setelah keluar pesawat, bahkan beberapa hari setelahnya, jangan ragu pergi ke dokter ya ladies. Semoga bermanfaat dan kamu tidak mengalaminya lagi saat naik pesawat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading