Sukses

Beauty

Tips Berpuasa Dengan Lancar Untuk Yang Lanjut Usia

Pola makan orang yang berpuasa akan berbeda dari pola makan sehari-hari dan akan mengalami restriksi atau pengurangan kalori sebesar 12-15 persen. Nah berikut ini Vemale akan coba hadirkan tips lancar berpuasa untuk orang-orang yang lanjut usia. Seperti yang diketahui metabolisme  tubuh orang lanjut usia berbeda dengan yang masih muda.

Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, dokter penyakit dalam menjelaskan cairan tubuh pada lanjut usia akan berkurang, yang semula 60 persen menjadi 45-50 persen. Jadi sangat berisiko mengalami dehidrasi dan mudah timbul rasa lelah. Jika kondisi fisik tidak memungkinkan, dianjurkan untuk tidak memaksakan diri untuk terus berpuasa.

"Minum dan makan dengan otak, tidak dengan lidah,"ujarnya.

Kebutuhan kalori sama dengan ketika tidak berpuasa. Konsumsi cairan 30-50 cc/kg atau 8-10 gelas. Mencegah kekurangan cairan dengan 2 gelas saat berbuka puasa, 3-4 setelah tarawih, satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur, 1-2 gelas saat sahur.

Untuk pola makan, 40 persen kalori pada saat sahur, 50 persen kalori saat berbuka puasa 10 persen kalori setelah sesudah tarawih. "Sebelum sholat magrib makanan ringan, setelah sholat magrib makanan berat," tuturnya.

Saat sahur batasi minum teh atau kopi karena menstimuli tubuh untuk sering buang air kecil, mudah dehidrasi, dan minum masih akan mudah dicerna, sehingga mudah lapar. Sebaiknya saat sahur konsumsi makanan yang tinggi serat, agar tak mudah lapar.

Hindari tidur setelah sahur sebab akan menyebabkan perut kembung karena asam lambung meningkat. Jika ingin tidur tunggu 2-3 jam setelah sahur.

"Batasi makanan yang digoreng karena tinggi lemak serta gula," tambahnya.

Saat berbuka, makanlah yang menghasilkan energi instant yaitu dengan yang manis. Dianjurkan untuk mengonsumsi kurma serta pisang. Jangan lupa minum air atau jus antara berbuka puasa dan sebelum tidur.

Hindari terlalu banyak es, istirahat satu jam sebelum menyantap makanan berbuka yang telah dihidangkan, cukup konsumsi vitamin dan mineral, waspadai terjadinya kekurangan cairan, serta kontrol ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading