Sukses

Beauty

Ketawa Saat Puasa, Ini Manfaat Sehatnya

Selama puasa, harus tetap semangat dong. Meski tubuh agak lemas tapi itu bukan alasan untuk malas. Dan yang tak kalah penting adalah tetaplah bahagia dengan tertawa saat puasa.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan tertawa. Apalagi kalau tertawa dilakukan saat puasa, bakal ada banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapat. Seperti sejumlah manfaat berikut ini.

Stres dan Rasa Lemas Hilang
Saat kita tertawa, otot wajah mengirimkan impuls khusus pada sistem syaraf otak untuk melepas senyawa anti-depresi. Dengan begitu, stres bisa hilang. Dan rasa lemas yang tadinya karena disebabkan oleh bad mood pun lenyap. Puasa jadi lebih semangat.

Bentuk Tubuh Tetap Terjaga
Manfaat yang satu ini cukup mengejutkan. Jadi, bukan hanya olahraga lho saja yang bisa melatih otot tubuh. Saat tertawa, otot perut, diafragma, leher, paru-paru, bahu dan lain sebagainya ikut bergerak dan terlatih. Yang terjadi kemudian napas kita bisa lebih dalam dan panjang. Jadi kalau kamu merasa nggak kuat atau nggak sanggup untuk olahraga selama puasa, luangkan saja waktu beberapa menit untuk tertawa.

Melindungi Tubuh dari Serangan Berbagai Penyakit
Dilansir dari herbeauty.com, tertawa bisa meningkatkan immunoglobulin A, yang bisa melindungi tubuh dari serangan infeksi bakteri. Puasa itu sendiri sudah baik untuk kesehatan. Ditambah dengan manfaat tertawa, maka tubuh akan lebih terlindungi dari serangan berbagai jenis penyakit. Tubuh yang sehat didukung oleh imun tubuh yang juga kuat melawan penyakit dan salah satu cara memperkuat sistem imun tubuh adalah dengan tertawa.

Mengurangi Rasa Sakit
Meski memang tak bisa menyembuhkan penyakit serius, namun tertawa bisa memicu produksi endorfin yang membuat tubuh rileks dan menguatkan tubuh saat sakit. Selain itu, tertawa juga bisa meredakan rasa sakit, baik sakit secara fisik maupun sakit hati. Jadi kalau ingin tubuh lebih rileks atau santai selama puasa, perbanyak tawa saja ya.

Oh iya, tertawa juga bisa bikin awet muda lho. Kenapa bisa begitu? Karena saat tertawa, otot wajah jadi lebih kuat dan kulit jadi lebih kencang.

Saat puasa, tetap jaga hati untuk selalu bahagia ya. Biar puasanya makin berkah.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading