Sukses

Beauty

Jangan Sepelekan, Justru Hal Ini Membahayakan Rambutmu

Ada banyak faktor yang dapat membuat rambut berminyak. Beberapa di antaranya disebabkan oleh kadar hormon androgen yang berlebihan, faktor genetik yang diturunkan orangtua, hingga produksi minyak alami di kulit kepala yang terlalu berlebihan. Sayangnya, masih ada banyak hal lain yang dianggap sepele, namun tak pernah kamu duga dapat menyebabkan rambut semakin berminyak. Apa saja?

Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Siapa yang sangka jika terlalu sering menyentuh rambut ternyata dapat menyebabkan rambut makin berminyak? Kita tidak pernah tahu ada berapa banyak bakteri yang menempel pada tangan kita, bukan? Jika kamu sering menyentuh rambut, otomatis kotoran dan minyak dari tangan akan pindah ke helaian rambut. Karena itulah, sebisa mungkin hindari sering-sering menyentuh rambut dengan tangan.

Terlalu Sering Keramas

Bagi pemilik kulit kepala berminyak, keramas setiap hari kerap dilakukan dengan harapan agar rambut tidak lepek. Pada beberapa kasus, hal ini sayangnya malah tidak dianjurkan karena dapat memicu rambut makin berminyak. Ketika kulit kepala dalam kondisi yang kering, kelenjar di kulit kepala tentu akan bekerja secara ekstra untuk memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya, rambut pun akan semakin lepek dan kusam. Beberapa bahan kimia yang ada pada sampo rupanya juga dapat memperparah kondisi kulit kepala dan rambut. 

Baca juga: Masalah yang Mungkin Ditimbulkan Jika Keramas Setiap Hari

Penggunaan conditioner dipercaya dapat menutrisi rambut dan membuatnya tampak lebih lembut. Conditioner juga mampu mengembalikan kelembapan rambut yang hilang akibat keramas. Sayangnya, masih banyak wanita yang keliru dalam memakai conditioner. Gunakan conditioner secukupnya saja. Agar kulit kepala tak semakin berminyak, pastikan kamu telah mengoleskan conditioner secara tepat dan merata dari tengah ke ujung rambut tanpa mengenai bagian akar dan kulit kepala.

Baca juga: Menggunakan Conditioner Sebelum Memakai Sampo, Apakah Hasilnya Lebih Bagus?

Terlalu Sering Menyisir

Terlalu sering menyisir merupakan salah satu faktor penyebab kenapa rambut kamu terus menerus lepek walau sudah keramas. Selain berpotensi untuk membuat rambut rontok, terlalu sering menyisir juga kurang baik karena dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Awalnya, mungkin rambut tampak lebih mengilap, namun lama kelamaan rambut bisa menjadi lepek.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Menyisir Rambut

Sisir yang Kotor

Jarang menjaga kebersihan sisir ternyata dapat memicu timbulnya masalah pada rambut dan kulit kepala. Selain minyak berlebih yang mengakibatkan rambut lepek, sisir yang kotor juga dapat menimbulkan ketombe. Tak selalu karena debu, sisir kotor rupanya juga bisa disebabkan oleh tumpukkan sel kulit mati dari kulit kepala yang terjebak di antara helaian rambut. Selain itu, kotoran pada sisir juga bisa saja disebabkan oleh faktor pencucian rambut yang kurang bersih.

Kandungan Alkohol dalam Sampo

Cermat dalam memilih sampo sangat diperlukan karena bahan yang terkandung di dalamnya akan mempengaruhi keadaan rambut. Pemilik rambut berminyak harus lebih teliti lagi dalam membaca ingredients pada sampo yang dipakai. Salah satu kandungan yang dapat menyebabkan rambut berminyak adalah alkohol. Selain dapat menyebabkan alergi pada pemilik kulit sensitif, kandungan alkohol juga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering sehingga produksi minyak pun turut meningkat.

Berlebihan dalam Memakai Dry Shampoo

Dry Shampoo merupakan salah satu produk yang paling sering dipakai oleh pemilik rambut berminyak. Jika terlalu sering digunakan, bahan kimia yang terkandung dalam dry shampoo akan menyumbat kulit kepala yang secara alami memproduksi keringat dan minyak. Bila ini tercampur dengan sisa dry shampoo, rambut pun akan semakin lepek dan lengket. Para ahli menyarankan, penggunaan dry shampoo dapat dilakukan maksimal dua kali dalam sepekan. Selebihnya, kamu dapat menggunakan sampo biasa sambil melakukan pijatan ekstra di bagian kepala. Cara ini dipercaya mampu untuk menghindari penyumbatan pori-pori di kepala yang disebabkan bahan kimia dari dry shampoo.

Baca juga : Mencuci Sisir Secara teratur, Perlukah?

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim